Menu

Andre Rosiade: Dukung Palestina Merdeka Artinya Menegakkan UUD 1945

  Dibaca : 533 kali
Andre Rosiade: Dukung Palestina Merdeka Artinya Menegakkan UUD 1945
Andre Rosiade

PADANG, METRO–Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra Andre Rosiade mengatakan mendukung kedaulatan Palestina merupakan bentuk nyata menegakkan Pembukaan UUD 1945. Menurutnya, hal itu sesuai dengan alinea 1 pembukaan UUD 1945 yang menyatakan bahwa sesungguhnya kemerdekaan adalah hak segala bangsa, dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan.

“Sudah jelas tertuang dalam alinea pertama Pembukaan UUD 1945 yang maknanya adalah pengakuan terhadap prinsip universal yang berupa hak kemerdekaan sebagai hak asasi setiap bangsa yang harus dijunjung tinggi. Menunjukkan keteguhan dan kuatnya pendirian bangsa Indonesia dalam menentang penjajahan atau imperialisme di mana saja karena bertentangan dengan perikemanusiaan dan rasa keadilan,” ujar Andre, Sabtu (22/5).

Andre menegaskan, dalam konteks pada persoalan Palestina, sudah jelas betul, bahwa sikap mendukung kedaulatan Palestina merupakan bentuk sikap menegakkan apa yang ada dalam Pembukaan UUD’45 tersebut.

Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar ini pun mengingatkan kembali terkait sikap Palestina di tahun 1945 yang turut memberikan pengakuan kepada Indonesia sesaat pasca kemerdekaan 17 Agustus 1945.

Ia menyebut saat itu tokoh Mufti Palestina Muhammad Amin Al Husaini mengumumkan pengakuan terhadap kemerdekaan Indonesia melalui radio Berlin menggunakan bahasa Arab.

“Jadi jangan kita melupakan sejarah. Jangan pernah. Palestina dalam barisan depan mengakui dan mendukung proklamasi kemerdekaan Indonesia. Sudah sepatutnya kita berada di garda terdepan memberikan dukungan terhadap kemerdekaan dan kedaulatan Palestina,” ungkap Andre.

Ketua Harian Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini juga sepakat dengan pernyataan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang menyatakan bahwa isu utama dalam konflik ini adalah penjajahan terhadap bangsa Palestina.

“Apa yang dilakukan Israel di tanah Palestina itu merupakan bentuk pelanggaran berat hukum internasional. Indonesia harus terus konsisten memperjuangkan ini,” pungkas Andre. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional