Close

Andre Rosiade Bantu Pemulung di Parak Gadang, Rumah tanpa Listrik, Ijazah SMA Anak Ditahan Sekolah

SERAHKAN BANTUAN— Pengurus Gerindra Sumbar menyerahkan bantuan dari Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade kepada keluarga Farida di Parak Gadang, Padang Timur.

PARAK GADANG, METRO–Meski tinggal di tengah perkotaan, ternyata hidup Farida (57) dan anaknya Dede Afni (19) tidak seme­gah apa yang dibayangkan orang dari luar Kota Padang. Sampai kini, rumah seder­hananya di Jalan Parak Ga­dang, Ganting Parak Ga­dang, Padang Timur, Kota ma­sih belum dipasangi ali­ran listrik. Untuk makan se­hari-hari pun, Farida harus berkeliling menjadi pe­mu­lung.

Sejak suaminya me­ninggal beberapa tahun lalu, Farida yang kondisi kesehatannya kurang baik tetap tegar membesarkan anaknya. Bahkan, anaknya sudah tamat SMA dua ta­hun lalu. Sayang, karena ada pembayaran yang ter­tunggak, sampai sekarang ijazahnya belum kunjung diambil di salah satu SMA swasta di Kota Padang.

 “Saya ingin bekerja, tapi ijazah tidak ada. Tak enak seperti sekarang ini, ibu memulung hasilnya tak banyak. Lebih banyak dari kasihan orang saja karena sudah tua tetap berjalan mencari barang bekas. Tapi untuk bekerja, ijazah saya belum bisa diambil,” kata Dede Afni saat dida­tangi pengurus DPD Ge­rindra Sumbar dan PAC Gerindra Padang Timur ke rumah mereka beberapa waktu lalu.

Bahkan, dari cerita Fa­rida yang terbata-bata di­dampingi anaknya, sekitar 25 tahun lalu anak perta­ma­nya diculik orang di depan rumah. “Kakak saya katanya diculik saat diting­gal di depan rumah. Mung­kin karena itu ibu agar murung dan kadang seperti tidak stabil,” kata Dede yang berharap ada yang membantu mengam­bilkan ijazahnya dan me­ma­sang­kan listrik PLN di rumah mereka.

Hari itu, kedatangan Wakil Ketua DPD Gerindra Sumbar Nurhaida, Zulkifli (wakil sekretaris) dan Rina Shintya (wakil bendahara) memberikan bantuan uang tunai dan sembako dari Ketua Gerindra Sumbar Andre Rosiade. “Kami da­pat informasi dari pak Syah­rul Ridha, Ketua PAC Gerindra Padang Timur. Kami cek ke lokasi, dan sangat layak dibantu. Un­tuk ijazah dan listrik, nanti kami bicarakan lagi,” kata Sekretaris PD PIRA (Pe­rempuan Indonesia Raya) Sumbar ini.

Dede Afni mengucap­kan terima kasih kepada Andre Rosiade yang telah memberikan bantuan kepa­da keluarganya. Akan sa­ngat membantu untuknya dan ibunya memenuhi ke­butuhan sehari-hari. “Kami hidup di perkotaan tapi rumah belum masuk listrik. Kami juga sangat ingin dibantu pemasangan listrik karena tidak ada biaya. Semoga kami dibantu juga masuk listriknya, dari para donator,” kata Dedi Afni.

Syahrul Rida, Ketua PAC Padang Timur juga beterima kasih kepada An­dre Rosiade yang mem­bantu warga Parak Gadang yang kesusahan. Dia men­dapatkan data dari para kader Gerindra dan me­nyampaikannya kepada tim Gerindra Sumbar yang akhir­nya turun a tas ins­truksi Ketua DPD Andre Rosiade.

“Kami mengcapkan te­ri­ma kasih pak Andre Ro­siade yang telah banyak membantu warga Padang Timur. Mulai dari sembako, BLT (bantuan langsung tu­n­ai) dan banyak bantuan lainnya. Alhamdulillah se­mua bantuan yang diberi­kan pak Andre sangat ber­manfaat bagi warga kami. Mudah-mudahan terus ber­ke­lanjutan dan ber­man­faat bagi masya­rakat kami, khususnya Pa­dang Timur,” kata pria yang juga ketua RW di Padang Timur ini.

Syahrul Ridha menga­takan, untuk masalah listrik dan ijazah SMA anak yang ditahan sekolah, mereka telah membicarakannya dengan pihak RT dan RW setempat. “Kita akan cari­kan jalan bersama, agar keluarga bu Farida bisa lebih baik. Kalau sudah ada listrik dan ijazah anak dida­pat, bisa mencari kerja,” kata Syahrul.

Andre Rosiade menga­ku prihatin dengan kondisi Farida dan anaknya untuk bertahan hidup. Di men­doakan, semoga dengan bantuan yang diberikan, bisa meringankan beban keluarga pemulung itu. “Kami doakan sehat selalu, dan bantuan ini mungkin tahap pertama. Semoga masih ada bantuan-ban­tuan berikutnya untuk bu Farida dan warga Padang Timur,” kata anggota Ko­misi VI DPR RI ini. (r)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top