Menu

Andre Rosiade Bantu Ibu yang Besarkan 4 Anak di Mesin Pintu Air Purus,Suami Meninggal, Jualan Tersendat PPKM

  Dibaca : 176 kali
Andre Rosiade Bantu Ibu yang Besarkan 4 Anak di Mesin Pintu Air Purus,Suami Meninggal, Jualan Tersendat PPKM
SERAHKAN BANTUAN— Pengurus Gerindra Sumbar menyerahkan bantuan dari anggota DPR RI Andre Rosiade kepada keluarga Monalisa di pintu air Muara Purus.

PURUS, METRO–PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) yang berlangsung berjilid-jilid sejak sebulan terakhir membuat kehidupan Monalisa (33) kian kembang-kempis. Setelah kematian suaminya Armen Pane (39) tahun lalu, dia harus membesarkan empat anaknya yang masih kecil-kecil. Paling besar baru kelas 2 SMP dan yang kecil masih 1 tahun 7 bulan.

Untuk meringankan beban biaya kontrakan rumah, penjual lankitang cucuik di Pantai Purus ini nekat menempati ruangan mesin genset pintu air Danau Cimpago Muara Purus, Kelurahan Purus, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang. Di sanalah dia dan empat anaknya tidur dengan kasur dan alas tidur seadanya.

Kini, Monalisa tak bisa berbuat banyak untuk men­cukupi kehidupan se­hari-harinya. Sudah dua pe­kan dia menutup lapak­nya di Pantai Purus yang sepi pembeli karena PPKM. Untuk bertahan, dia mem­buka kedai kopi di dekat bangunan di sebelah da­nau buatan itu.

“Kadang para peman­cing memesan kopi atau teh, saya buatkan. Seka­rang berjualan susah. Kalau­pun PPKM selesai, kami juga tak ada modal lagi. Barang dagangan ha­bis kami makan selama dua minggu ini. Baik itu kerupuk, minuman, dan lain-lain. Semogalah PPKM ini bisa segera selesai,” kata Monalisa yang kini juga kelabakan dengan dua anaknya yang sekolah.

Monalisa men­ceri­ta­kan, sebenarnya dia ter­paksa tinggal di bangu­nan itu karena taka da pilihan lain. Orang tuanya ada di Siteba, Nanggalo, serta mertuanya di Purus. Na­mun, kehidupan mereka pun sama susahnya de­ngan­nya. “Kalau di sini, se­kolah anak-anak dekat, baik SD dan SMP. Kalau ke Siteba, ongkos mahal dan kami tak ada pekerjaan di sana. Saya juga tak punya kendaraan,” katanya yang pu­­nya KK beralamat di  Gang Makmur, Kelu­ra­han Purus ini.

Awalnya, katanya, dia tak sanggup lagi mem­ba­yar kontrakan karena beban hidup yang berat. “Lalu ada inisiatif pemuda di sini yang memberikan izin kami tinggal di dekat mesin genset ini. Mesin ini sudah rusak dan tak di­pakai lagi,” kata Monalisa saat menerima bantuan dari Anggota DPR RI H Andre Rosiade yang dise­rahkan pengurus DPD Ge­rindra Sumbar.

Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar Nurhaida menyebutkan, mereka men­dapatkan info yang sangat memiriskan tentang ibu dan empat anaknya yang tingal di bangunan pintu air Muara Purus. “Ka­mi datangi dan ter­nyata sangat mem­prihatin­kan. Mereka tidur di sini tanpa kamar dan penerangan sea­danya. Anak-anak juga be­lajar di sini saat daring (da­lam­ jaringan/online) kema­rin. Sekarang katanya sudah ke sekolah lagi,” kata Nur­haida yang juga Sekretaris DPD PIRA (Pe­rem­puan Indonesia Raya) Sumbar ini.

Monalisa sangat ber­terima kasih atas bantuan Andre Rosiade yang entah darimana tahu saja ma­salah yang dia rasakan. “Al­hamdulillah, terima ka­sih pak Andre Rosiade. Telah memberikan kami bantuan sembako dan juga uang tunai. Semoga ini juga bisa menjadi modal kami untuk berjualan kembali setelah PPKM ini,” kata Monalisa lagi.

Andre Rosiade me­nga­ku miris dan sangat pri­hatin dengan kondisi Mo­nalisa dan anak-anaknya. “Kami minta tim turun dan mengecek apa yang terjadi dan memberikan bantuan. Semoga bisa membantu dalam menghadapi pan­demi dan kembali ber­jua­lan pasca-PPKM sele­sai,” kata Andre yang juga ketua DPD Partai Gerindra Sum­bar ini. (rom)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional