Close

Andre Rosiade Bagikan Ribuan Nasi Bungkus untuk Korban Banjir Padang dan Pariaman

BAGIKAN NASI BUNGKUS— Pengurus DPD Gerindra Sumbar membagikan ribuan nasi bungkus untuk warga yang terdampak banjir di beberapa wilayah Kota Padang, Pariaman dan Padangpariaman.

PADANG, METRO–Anggota DPR RI asal Sum­bar H Andre Rosiade merasa prihatin dengan banjir yang melanda pemukiman warga di Batu Busuk, Kelurahan Lambung Bukit, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Senin (24/1) sore sam­pai tengah malam. Juga banjir yang melanda Kota Paria­man dan Kabupaten Pa­dang­­paria­man.

Dia meminta pengurus DPD Gerindra Sumbar mem­ba­gikan ribuan nasi bung­kus untuk warga yang ter­dampak banjir. Bantuan nasi bungkus itu langsung diterima warga disaksikan Defry, Lurah Lambung Bu­kit yang tengah berada di lokasi. Nasi bungkus di­rasa­kan sangat diperlukan, mengingat banyaknya da­pur warga yang ke­ban­jiran. Bahkan, ada beras dan alat masak yang ha­nyut atau tidak bisa digu­na­kan lagi.

Zulhendri, warga Batu Busuk mengaku, banjir mulai meninggi sejak pukul 17.00 WIB dan terus naik sampai tengah malam. Dia sangat mengapresiasi pem­bagian nasi bungkus dari Andre Rosiade di RT 1 dan 2 pada RW 04 Lambung Bukit itu. “Alhamdulillah, terima kasih pak Andre Rosiade. Ini sangat pas bagi kami, karena belum bisa memasak,” katanya, Selasa (24/1/2023) pagi saat menerima bantuan nasi dari Andre Rosiade.

Warga lainnya, Afrizet menyebutkan, banjir itu berdampak pada 89 kepala keluarga (KK) dengan 380 jiwa. “Kami mengucapkan terima kasih banyak atas kepedulian bapak Andre Rosiade yang telah menyumbang nasi kepada warga. Sekarang kami bisa fokus membersihkan meterial lumpur di rumah. Kalau tidak ada nasi, terpaksa kami menahan lapar. Kerena beras sudah bercampur lumpur,” katanya yang menerima bantuan melalui Wakil Sekretaris Gerindra Sumbar Zulkifli dan tim.

Afrizet mengatakan, banjir masuk rumahnya sekitar pukul 18.00 WIB, sehingga peralatan rumah juga terseret arus. “Mayoritas warga merasakannya, banjir bandang membawa meterial lumpur sehingga warga dibantu oleh pihak Kelurahan, Dinas Pemadam Kebakaran dan BPBD serta relawan membersihkan meterial lumpur,” katanya.

Lurah Lambung Bukit Defry menyebutkan, dia bersama warga sangat beterima kasih atas bantuan Andre Rosiade ini. Karena, makanan benar-benar sa­ngat dibutuhkan warga yang tertimpa musibah banjir bandang. “Kami mewakili warga dan kelurahan mengucapkan terima kasih kepada pak Andre Rosiade yang peduli membantu kami,” katanya.

Pengurus Gerindra Sumbar Zulkifli mengatakan, dia diminta Ketua DPD Gerindra Sumbar Andre Rosiade menyerahkan nasi bungkus untuk korban bencana banjir di Pauh Padang. “Pagi dang siang ini kami bagi-bagikan nasi bungkus titipan pak Andre Rosiade kepada warga. Alhamdulillah, semua bisa dilakukan. Setelah ini kami akan ke Pariaman, karena juga ada kejadian yang sama,” kata aktivis kebencanaan Kota Padang ini.

Zulkifli dan tim siangnya juga bergerak ke Kota Pariaman dan Padangpariaman untuk menyerahkan bantuan nasi bungkus. “Selain Padang, kami juga diminta untuk menyerahkan ratusan bungkus nasi ke Pariaman dan Is Padangpariaman. Tepatnya di da­erah perbatasan kota dan kabupaten. Tentunya untuk meringankan beban warga korban banjir di sana,” kata Zulkifli.

Kata Zulkifli, mereka membagikan nasi bungkus di Korong Talogondan, Du­sun Rimbo Sitapuang, Du­sun Sampan,Kampuang Galapuang, Pulau Air dan Ulakan Tapakis serta Kurai Taji. “Alhamdulillah, para warga terdampak banjir berterima kasih karena mendapatkan nasi bung­kus,” kata Zulkifli.

Kepala Pelaksana BPBD Padang Endrizal di Padang, Senin (23/1) ma­lam mengatakan, luapan air sungai yang menye­bab­kan banjir bandang itu mulai terjadi menjelang Maghrib sekitar pukul 18.00 WIB. Akibatnya air menggenangi seratus lebih rumah warga yang berada di pinggiran sungai serta bisa membahayakan keselamatan

Andre Rosiade menyebutkan, hujan lebat yang mengguyur Kota Padang dan Sumbar umumnya, Senin (24/1) memang mem­buat sejumlah titik banjir. Dia bersama kader Gerindra langsung berkoordinasi membantu. Ka­rena, banyak daerah yang terkena banjir, utamanya di Kota Padang, Padangpariaman dan Kota Pariaman.

“Di Kota Padang, DPD Gerindra Sumbar dan DPC Padang bergerak turun. Begitu juga DPC Padangpariaman dan Kota Pariaman. Mereka juga turut melakukan evakuasi warga di Buayan, Lubuk Alung dan sejumlah titik di Kota Pariaman. Kami mendukung dengan memberikan nasi bungkus. Gerindra kerja nyata untuk rakyat,” kata kata anggota Komisi VI DPR RI ini. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top