Close

Andre Rosiade Antarkan Bantuan Rp1,4 M untuk Korban Gempa Pasbar, Gandeng 10 BUMN, Siap Bantu Rehab-Rekon

SERAHKAN BANTUAN— Anggota Komisi VI DPR RI H Andre Rosiade menyerahkan bantuan untuk korban gempa di posko pengungsi Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Pasbar. Bantuan itu digalang dari 10 BUMN senilai Rp 1,4 miliar.

PASBAR, METRO–Anggota Komisi VI DPR RI H Andre Rosiade SE begitu serius memberikan bantuan untuk korban gempa di Kabu­paten Pasaman Barat (Pas­bar), Sumatra Barat (Sum­bar). Tak tanggung-tanggung, Sabtu (5/3), Andre mengan­tarkan bantuan, langsung di lokasi pusat gempa di Kajai, Kecamatan Talamau, Pasbar senilai Rp1,4 miliar.

“Alhamdulillah, kami da­tang sebagai Anggota DPR RI yang ditugaskan Pak Prabowo Subianto di Komisi VI yang bermitra dengan BUMN. Ka­mi datang membantu me­ringan­kan bantuan untuk ma­sya­rakat Pasbar dengan menggalang bantuan dari 10 BUMN senilai total Rp1,4 miliar,” kata Andre Rosiade di posko bantuan Kajai bersama Bupati Pasbar Hamsuardi, Ketua DPRD Pasbar Eriyanto, Ketua DPC Gerindra Pasbar Mar­yanto dan juga perwakilan 10 BUMN.

Menurut Andre, bantuan yang diantarkannya langsung ke posko pengungsi itu berasal dari Bank Mandiri Rp250 juta, BRI Rp250 juta, BNI Rp150 juta, Pertamina Rp150 juta, Tel­komsel Rp100 juta, Pelindo Rp100 juta, PTPN Rp100 ju­ta, Pupuk Indonesia Rp100 juta, Semen Indonesia 1.500 ­Sak Semen (setara Rp100 juta) dan Hutama Karya Rp100 juta.

Andre Rosiade menye­but­­kan, sebagai mitra BUMN berterima kasih atas bantuan 10 BUMN. Dia juga mendoakan semoga Menteri BUMN Erick Thohir cepat sehat dan kembali pulih pascaterkena Covid-19. “Ha­ri ini kita antarkan Rp1,4 miliar. Namun yang paling penting adalah pas­ca­ tanggap darurat ini. Kami dari Partai Gerindra tidak akan tinggal diam dan akan terus fokus menuntaskan rehabilitasi dan rekonstruksi (rehab-rekon),” kata Ketua DPD Gerindra Sumbar ini.

Bahkan, DPP Partai Ge­rindra, sebut Andre, sudah menugaskan anggota DPR RI Dapil Sumbar 2 Ade Rezki Pratama yang saat ini berada di Komisi IX pindah ke Komisi V yang bermitra dengan Kementerian Pe­ker­jaan Umum dan Peru­ma­­­han Rakyat (Kemen PUPR) untuk menuntaskan persoalan pascagempa di Pasbar dan Pasaman.

“Ade Rezki Pratama adalah anggota DPR RI asal Dapil 2 yang mulai 15 Maret 2022 ini pindah ke Komisi V. Tugasnya mengawal rehab-rekon Pasaman dan Pasbar. Partai Gerindra berkontribusi positif untuk masya­rakat. Insya Allah, Ade Rezki akan mengawal pembangunan. Terima kasih pak Bupati dan anggota DPRD Sumbar bu Yunisra dan bang Juntak yang hadir. Juga Ketua DPC Gerindra Pasbar pak Maryanto sebagai tuan rumah. Kami tunggu SK dari Bupati Pasbar untuk segera melakukan pembangunan kembali,” katanya pada acara yang juga dihadiri dua anggota Fraksi Gerindra DPRD Sumbar Dapil IV (Pasaman-Pasbar) Khairudin Simanjuntak dan Yunisra Syahiran.

Ketua Pemuda Kajai Nislam mengucapkan terima kasih kepada Anggota DPR RI Andre Rosiade yang langsung datang ke lokasi untuk menyerahan bantuan. “Terima kasih pak Andre Rosiade yang langsung datang ke Kajai melihat kami yang terkena musibah ini. Semoga jadi amalan dan berkah bagi kita semua,” katanya.

Ketua Satgas Bencana BUMN Sumbar M Atif Fa­tur­rahmah yang juga Kadivre Kereta Api Indonesia (KAI) Sumbar menyebutkan, BUMN sudah hadir sejak hari pertama gempa terjadi pekan lalu. “Kami harap apa yang kami lakukan dan berikan bermanfaat bagi ma­sya­rakat. Sehingga proses pemulihan lebih cepat. Lebih tanggap. Terima kasih kepada pak Andre Rosiade yang juga langsung turun ke lokasi,” katanya.

Ketua DPRD Pasbar Eriyanto berterima kasih kepada Andre Rosiade yang sudah datang bersama-sama dengan BUMN mengantarkan bantuan. “Tentunya hari ini kita tidak sebatas yang dibawa hari ini saja. Tapi kami mewakili Pasbar banyak yang harus disampaikan. Banyak dampak. Ada 15 ribu warga terdampak gempa. Baik tempat ibadah, infrastruktur, jalan, jembatan dan lainnya. Semoga  bisa kembali hidup layak,” katanya.

Eriyanto mengatakan, untuk kebutuhan sembako cukup banyak bantuan yang terus berdatangan. Namun, untuk rumah-rumah, setidaknya ada 5.000 rumah tak layak huni karena rusak berat. “Pastinya ini tak selesai oleh APBD Pabar saja. Karena itu kami ingin masalah ini dibawa ke pusat oleh bang Andre Rosiade. Agar Pasbar kembali baik,” kata kader Gerindra.

Anggota DPRD Sumbar Yunisra menyebut salut karena Andre Rosiade bisa langsung turun ke posko-posko pengungsi korban gempa. Masyarakat antusias sekali menyambut kedatangan Andre Rosiade. “Setelah dari lokasi berkumpul di Rumah Dinas Ketua DPRD sekaligus memberikan arahan yang sangat semangat dan luar biasa dari pak Andre. Terima kasih atas kunjungan dan bantuan yang dibawa, semoga bermamfaat dan pak Andre lebih sukses lagi,” katanya.

Bupati Pasbar Hamsuardi mengucapkan terima kasih atas kedatangan Andre Rosiade. “Terima kasih meluangkan waktu datang ke Kajai, Pasbar. Harapan kita, dengan kehadiran pak Andre Rosiade, bisa mempercepat pemulihan korban gempa Pabar. Karena masih ada ribuan rumah yang rusak karena gempa. 15 ribu orang mengungsi. Ada pengungsian di halaman Kantor Bupati dan Rumah Bupati dan lain-lain. Ada juga yang mengungsi sendiri di sekitar rumah. Bahkan, di halaman kantor Bupati ada 2.800 pengungsi dan sisanya bertebaran di luar,” katanya.

Bupati juga mohon maaf­ masih ada pengungsi yang belum tersentuh. Mungkin karena jauh tak melapor dan lainnya. “Ka­mi harapkan bersama pak Andre kita menyentuh semua warga yang terdampak. Harapan kira, pasca-Kamis berakhir tanggap darurat, selanjutnya rehab Rekon. 70 orang pendata dari Unand sedang bekerja. Semoga segera tuntas pendataan dan dapat di­ba­ngun kembali. Mencari lokasi hunian sementara atau hunian tetap. Mau pindah atau dibangun di rumah itu juga,” katanya.

Berdialog dengan Warga

Saat di lokasi, Andre Rosiade juga sempat berdialog dengan para korban gempa yang rumahnya rusak berat. Seperti  Yuhasna (66) dan Mukhlis (67) yang berada di Jorong Limau Puruik, Kenagarian Kajai, Kecamatan Tala­mau. Andre mendengar dengan baik dan memberikan motivasi untuk tetap bersabar dalam menghadapi cobaan.

Kata Yuhasna, dia tinggal di rumah itu bersama anak, menantu dan cucu-cucunya, total delapan orang. “Hari itu kami semua tak ada yang di rumah, ada yang ke sawah, ke pasar dan sekolah. Rumah benar-benar hancur dan ti­dak bisa dipakai lagi. Begitu juga sekitar 20-an rumah di sekitar ini yang masih sanak famili kami Suku Mandahiling,” katanya.

Andre Rosiade menyebutkan, dia akan berusaha sekuat tenaga untuk mempercepat bantuan rehab-rekon di Pasbar. “Kami turut berduka dengan kejadian yang menimpa masya­ra­kat Kaja Pasbar. Semoga se­mua bisa bersabar dan Pemda, DPRD dan DPR RI bisa bahu-membahu membangun kembali rumah-rumah warga,” katanya. (r)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top