Menu

Andre Perjuangkan Air Bersih Sungai Barameh

  Dibaca : 116 kali
Andre Perjuangkan Air Bersih Sungai Barameh
DIALOG— Andre Rosiade berfoto bersama dengan warga Sungai Barameh, RT 5 RW 07, Kelurahan Gates, Lubeg. Pada kesempatan itu, Andre sempat berdialog dengan warga.

LUBEG, METRO – Air merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat. Karena air adalah sumber kehidupan manusia. Namun bagi masyarakat yang tinggal di Sungai Barameh, RT 5 RW 07, Kelurahan Gates, Kecamatan Lubukbegalung, air bersih menjadi permasalahan. Padahal mereka tinggal di antara perbukitan dan laut.

Menurut pemuka masyarakat, Amir, di kawasan tersebut, terkadang terjadi kekeringan yang menyusahkan warga. Sehingga masyarakat membutuhkan air. “Pipa air yang menghubungkan ke rumah-rumah warga banyak rusak, karena pipa tersebut sudah lama sekali,” katanya saat kedatangan Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Partai Gerindra, Andre Rosiade, kemarin.

Selain itu, kata Amir didampingi tokoh pemuda Sungai Barameh Bruno, juga menambahkan, pipa air merupakan peninggalan Belanda. “ Pipa tersebut sudah ada sejak tahun 1910 hingga belum diganti. Akibatnya pipa tersebut sudah berkarat dan rusak,” tambahannya yang meminta Andre Rosiade memperjuangkan masalah mereka itu.

Ia berharap, agar pipa tersebut hendaknya dapat diperbaiki supaya masyarakat dapat menimati air bersih. “Harapannya pipa ini segera diperbaiki,” ucapnya di hadapan Andre dan puluhan warga lainnya di kawasan yang sebenarnya dikenal sebagai titik tempat kapal-kapal membeli kebutuhan air selama berlayar.

Tokoh pemuda, Bruno menyebutkan, persoalan air bersih di Sungai Barameh sudah cukup lama. Hal itu juga bisa berpengaruh terhadap kesehatan warga. Dia berharap, Andre Rosiade turut memperjuangkan nasib mereka, minimal melibatkan Fraksi Gerindra di DPRD Padang dan DPRD Sumbar.

“Pak Andre kan pengurus DPP Gerindra tentu saja bisa menggerakkan anggota Fraksi Gerindra. Kami berharap, kehadiran beliau melihat langsung kondisi warga, bisa menggerakkan untuk membantu. Kalau sudah duduk di DPR RI nanti, tentu juga bisa langsung membantu kami,” katanya.

Andre Rosiade yang juga Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) mengaku prihatin dengan kondisi warga di Sungai Barameh. “Setelah melihat langsung, saya sangat prihatin, saya akan membantu sesuai dengan kemampuan saya, khususnya masalah air, karena ini penting sekali,” ujarnya.

Andre menyebut, akan berkoordinasi dengan Fraksi Gerindra DPRD Padang dan Sumbar untuk menyalurkan dana Pokir (pokok pikiran) wakil rakyat ke daerah Sungai Barameh. Karena, sebagai dareah yang terletak di ibu kota provinsi, tak mungkin lagi ada rumah yang kesulitan air bersih.

“Insya Allah, kami akan memperjuangkan apa yang menjadi harapan warga ini. Salah satu alternatif lainnya adalah, mendesak PDAM Kota Padang untuk membuka jaringan baru ke lokasi ini. Lokasi yang juga layak menjadi tempat wisata di Kota Padang ini,” kata Andre yang juga calon anggota DPR RI Dapil Sumbar 1 ini. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional