Menu

Andre: Laporan Jokowi ke Bawaslu Arahan Ketua KPU

  Dibaca : 269 kali
Andre: Laporan Jokowi ke Bawaslu Arahan Ketua KPU
Andre bersama tokoh masyarakat Sungai Dareh, Dharmasraya.

JAKARTA, METRO–Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Andre Rosiade mengatakan, pelaporan terhadap Capres petahana Jokowi ke Bawaslu soal lahan Capresnya di Kaltim dan Aceh tak bermasalah. Menurutnya, pelaporan itu sesuai arahan Ketua KPU RI, Arief Budiman.

“Sebagai ketua KPU, seluruh pihak sudah diingatkan untuk tak menyerang pribadi masing-masing. Kenapa masih? Oleh Ketua KPU akhirnya minta kepada kami untuk melaporkan pada Bawaslu, itulah sebagai dasar kemarin pihak pendukung Prabowo melaporkan Pak Jokowi ke Bawaslu seusai dengan arahan Ketua KPU dalam debat capres kedua kemarin,” kata Andre yang juga calon anggota DPR RI Dapil Sumbar 1.

Andre kemudian menjelaskan bahwa sebelum debat digelar, timses Jokowi maupun Prabowo serta KPU sudah bersepakat agar tidak ada serangan personal di panggung debat. Namun, kata dia, Jokowi melanggar kesepakatan itu dengan menyinggung lahan Prabowo.

“Sehingga ini yang menyebabkan kami protes. Bahwa ada kesekaptan antara TKN, BPN, bahkan KPU, tidak boleh ada penyerangan kepada kandidat masing-masing, nah ternyata Pak Jokowi dalam debat kemarin tidak menepati janjinya, tidak menepati kesepakatan dengan menyerang Pak Prabwo. Sehingga tentu kami BPN Prabowo-Sandi melakukan protes pada KPU dalam debat kedua kemarin,” ujarnya.

Kata Andre, di situlah pihak KPU menyampaikan pada BPN dalam protes itu, waktu iklan itu ketua KPU Arief Budiman meminta pihak kami untuk melapokan ke Bawaslu. “Dan waktu itu kita tanyakan apakah sudah diingatkan?, ‘Sudah’, kata Pak Arief,” tutur Andre yang juga Wasekjen DPP Gerindra.

Andre menyampaikan hal ini juga sebagai bantahan terhadap pengamat komunikasi politik dari Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang Mikhael Bataona yang menilai Jokowi tak menyerang Prabowo. Andre menyarankan agar Mikhael tak asal berkomentar jika tak mengetahui kesepakatan internal antara TKN dan BPN.

“Mungkin saudara Mikhael ini kan tidak tahu, tidak mengerti, tidak memahami. Bahwa ada kesepakatan antara TKN, BPN, bahkan KPU. Jadi ini yang harus dipahami Pak Mikhael sebelum berkomentar karena ada kesapakatan,” jelas ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Sebelumnya, Mikhael menilai pernyataan Jokowi soal HGU lahan di Aceh dan Kalimantan yang dimiliki Prabowo bukan menyerang pribadi capres bersang kutan.
“Di Amerika Serikat, pada pilpres 2 tahun silam, Donal Trump menyerang Hillary Clinton soal dugaan pelecehan seksual yang dilakukan oleh suaminya, mantan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton,” kata Mikhael Bataona. (*/r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional