Menu

Andre dan Porbi Berburu di Kototangah

  Dibaca : 291 kali
Andre dan Porbi Berburu di Kototangah
PORBI— Andre Rosiade berfoto bersama muncak raja, muncak, dan sesepuh Porbi Kototangah dan Padang.

KOTOTANGAH, METRO – Ratusan peburu bersama hewan piarannya berkumpul di satu kawasan bernama Bukik Baliak, Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Kototangah akhir pekan lalu. Sebelum mengitari perbukitan itu, mereka duduk terlebih dahulu di sebuah warung kecil, yang dikenal dengan duduak di ateh lapiak. Dari sana, para ketua atau muncak berdiskusi, jelang perburuan dimulai.

Namun, hari itu terasa istimewa, karena bergabung di antara mereka, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Partai Gerindra Andre Rosiade. Andre sengaja datang, memenuhi undangan pengurus Persatuan Olahrga Buru Babi (Porbi) Kototangah dan Porbi Padang. Mereka yakin, Andre dapat dijadikan ikon dari organisasi yang memiliki ribuan anggota itu.

Muncak Rajo Porbi Kototangah Firdaus menyebutkan, kedatangan Andre Rosiade ke lokasi memang sudah ditunggu-tunggu paburu. Karena, kiprahnya sebagai tokoh muda Minang di ibu kota sudah sangat dikenal. Kehadiran Andre di tengah-tengah mereka, seperti membawa semangat baru untuk para pehobi berburu ini.

“Kami tak menyangka, Pak Andre Rosiade berada di sini, bisa duduk bersama-sama kita di ateh lapiak. Biasanya, kami hanya lihat dia di baliho, koran, atau di televisi-televisi nasional. Dia datang dan menunjukkan keseriusannya untuk memajukan olahraga buru babi,” kata Firdaus yang usai duduak di lapiak langsung mengajak Andre Rosiade mendaki bukit melepas anjing mencari babi hutan.

Sementara itu, Penasehat Porbi Kota Padang yang turut hadir di acara, Efendi Pilo Datuk Marajo menyebutkan, awalnya kedatangan Andre Rosiade diinfokan oleh seorang sesepuh Porbi Kototangah, Syahril Chan. Namun ternyata, sudah banyak anggota lain yang menginginkan Andre bergabung dengan mereka. Kalau perlu, menjadi ikon Porbi di Sumbar.

“Kami sudah lama mengenal sosok muda Andre Rosiade. Baik ketika akan maju di Pilkada Padang, atau berkiprah di kancah perpolitikan nasional saat ini. Kami bangga, kalau ada Andre Rosiade di sini. Tentunya, dia juga bisa terus mempromosikan kegiatan-kegiatan Porbi Kota Padang di tingkat pusat,” kata pria yang juga sesepuh Porbi Kototangah ini.

Sementara itu Syahril Chan yang juga calon anggota DPRD Kota Padang Dapil I (Kototangah) menyebutkan, anggota Porbi berjumlah ribuan. Bahkan kalau untuk Sumbar, bisa mencapai puluhan ribu. Dia menyebut, para anggota Porbi memang sudah lama mengenal sosok Andre Rosiade. Kedatangan Andre ini sekaligus memberikan motivasi, agar organisasi ini tetap eksis dan berkembang.

“Porbi Padang dan Porbi Kototangah juga mengundang Pak Andre mengikuti baburu gadang (besar) di Bungus Teluk Kabung (Bungtekab) 28 Oktober nanti. Acara berburu yang tidak hanya diikuti oleh peburu dari Kota Padang, tapi juga seluruh Kabupaten/Kota di Sumbar. Bahkan Riau dan Jambi,” sebut pensiunan pegawai Universitas Negeri Padang (UNP) ini.

Andre Rosiade mengaku terharu dan bangga bisa bergabung duduak balapiak dengan muncak-muncak paburu dan tokoh-tokoh masyarakat. Menurutnya, berburu, selain olahraga untuk kesehatan, juga sebagai komunitas yang penuh dengan solidaritas. Karena, kebersamaan selama mengarungi bukit-bukit akan semakin terasa.

“Saya juga baru sekali ini duduk bersama-sama muncak-muncak buru ini. Baru saya tahu, kalau banyak aturan dalam berburu. Bahkan, juga ada iuran untuk mengganti ternak warga yang terkena dalam paburuan. Bahkan tanaman warga yang rusak akibat berburu juga diganti. Tentunya, olahraga penuh sportifitas ini perlu terus dijaga,” katanya.

Andre menyebut, siap bergabung dengan acara besar berburu 28 Oktober di Bungtekab pekan depan. “Kami melihat, Porbi Kota Padang dan Kototangah ini sangat solid dan bisa menjadi satu kekuatan tersendiri. Insya Allah, kami akan komit membantu kegiatan-kegiatan Porbi Padang dan Sumbar ke depan,” sebut calon anggota DPR RI Dapil Sumbar 1 ini. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional