Close

Andika Perkasa dan Listyo Sigit, Bahas Cara Penanganan Keamanan Papua

KETERANGAN—Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan keterangan pers usai pertemuan di Gedung Rupatama, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (23/11).

JAKARTA, METRO–Panglima TNI Jende­ral TNI Andika Perkasa dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membahas masalah penanganan ke­amanan di Papua. Pembahasan itu dilakukan sa­at keduanya bertemu di Ma­bes Polri, Jakarta, Selasa (23/11).  “Pemba­hasan Pa­pua tadi jadi (yang) utama itu,” kata Jenderal Andika.

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat itu memastikan akan segera ke Papua, dan mengumumkan strategi penanganan ke­a­manan di sana sebagai­mana yang diwacanakannya.  “Mudah-mudahan minggu depan saya akan ke Papua, akan kami u­mum­kan di sana,” ujarnya. Andika menjelaskan dalam pertemuan dengan Jenderal Listyo ini juga dibahas upaya penumpasan kelompok bersenjata tanpa menggunakan pendekatan perang.

Hal itu sebagaimana yang diucapkannnya saat menjalani uji kepatutan dan kelayakan sebagai calon Panglima TNI di Komisi I DPR beberapa waktu lalu.

Dalam pemaparan di depan komisi yang membidangi pertahanan, itu Jenderal Andika ingin meng­gunakan diplomasi militer dan pendekatan humanis untuk menyelesaikan persoalan di Papua. Pada sisi lain, masih ada sebagian negara di Pasifik Barat yang sekali-sekali menyoalkan Papua di gelanggang internasional, walau Perserikatan Bangsa Bangsa telah berketetapan bahwa Papua bagian sah Indonesia.

Menurut dia, pemba­hasan dengan Jenderal Listyo tentang cara pena­nganan masalah-masalah di Papua itu diperlukan agar tidak terjadi tumpang-tindih tugas antara perso­nel TNI dan Polri di provinsi paling timur Indonesia tersebut.

“Ini kami bahas cukup detil tadi. Nanti saya akan ke Papua, sekaligus karena Papua termasuk dae­rah yang cakupan vaksina­sinya di bawah 50 persen,” kata dia.

Sementara itu, Jende­ral Listyo mengatakan di­perlukan perubahan pa­radigma terhadap pola-pola penanganan terhadap beberapa gangguan kri­mina­litas seperti di Papua, Poso, Sulawesi Tengah, dan lainnya. Dia menuturkan TNI dan Polri perlu terus memperkuat sinergi dan soliditas dalam menjalankan tugas menjaga kea­manan dan ketertiban ma­syarakat serta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kedatangan Jenderal Andika Perkasa ke Mabes Polri itu merupakan kunjungan perdananya sebagai Panglima TNI. Jenderal Andika dilantik Pre­siden Jokowi menjadi Pang­lima TNI pada Rabu pekan lalu. Sebelum ke Ma­bes Polri, Jenderal Andika juga sudah berkunjung ke Ma­bes TNI AL dan Mabes TNI AU di Jakarta. (*/jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top