Close

Ancaman Varian Baru COVID-19 Sangat Nyata, Penderita di Sejumlah Negara Meningkat

Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi.

JAKARTA, METRO–Ancaman bahaya varian baru COVID-19 sangat nyata. Pen­derita di sejumlah negara tercatat mengalami peningkatan. Karena itu, pemerintah memperketat persyaratan perjalanan orang dari luar negeri.

Tujuannya, untuk mencegah masuknya varian AY.4.2 atau disebut Varian Delta Plus. Peme­rintah menerapkan kebijakan wajib vaksin.

Menurut Direktur Pencega­han dan Pengendalian Penyakit Me­nular Langsung Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi, pemerintah meningkatkan ke­ was­padaan terhadap munculnya varian virus baru ini khususnya di seluruh pintu masuk Indonesia.

Nadia menyebut virus corona varian Delta Plus menyebabkan peningkatan kasus kembali di negara lain seperti Inggris. Ka­rena itu, pemerintah menerapkan kebijakan wajib vaksin bagi siapa pun yang datang ke Indonesia dari luar negeri.

“Pertama menerapkan kebija­kan vaksinasi. Jadi, orang yang datang ke Indonesia harus sudah vaksin. Minimal vaksin pertama, yang paling baik sudah dosis kedua,” katanya.

Untuk warga negara asing diwajibkan sudah divaksinasi dosis kedua. Sementara bagi WNI yang baru menerima dosis per­tama saat datang ke Indonesia, akan diberikan vaksin dosis kedua usai menjalani masa karantina. Orang yang datang ke Indonesia juga diwajibkan negatif tes RT-PCR sebanyak tiga kali, yakni di negara asal, saat pertama datang ke Indonesia, dan saat menye­le­saikan masa karantina.

Setiap orang yang datang ke Indonesia juga diwajibkan menja­lani masa karantina selama lima hari bagi yang sudah vaksinasi dosis pertama, dan masa karan­tina tiga hari bagi yang sudah vak­sinasi lengkap. (jpnn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top