Close

Ancaman Hacker masih Mengintai Website dan Aplikasi Pemerintahan, Diskominfo Padang Bimtek Manajemen Risiko Keamanan Informasi 

BIMTEK— Perwakilan dari OPD Pemko Padang mengikuti Bimtek Manajemen Risiko Keamanan Informasi, Selasa (23/11).

AlANG LAWEH, METRO–Ancaman hacker masih terus mengintai semua website yang ada. Tak ter­kecuali semua website dan aplikasi yang ada di ling­kungan Pemerintah kota Padang. Oleh karena itu, semua OPD terkait harus memahami mana­je­men risiko keamanan in­formasi agar website dan aplikasi yang ada di ma­sing-masing OPD tidak gam­pang diru­sak atau di-ha­c­ker oleh pihak-pi­hak yang tak bertang­gung­ja­wab.

Kepala Dinas Komuni­kasi dan Informasi (Disko­minfo) Kota Padang, Rudy Rinaldy mengklaim seluruh website dan aplikasi yang ada di Pemko Padang hing­ga kini masih aman dari serangan hacker.

“Alhamdulillah, sampai saat ini seluruh website dan aplikasi yang kami kelola aman dari serangan ha­c­ker. Semoga ke depannya tak ada masa­lah,” ka­ta Ru­dy Rinaldy usai pembukaan kegiatan Bimbingan Teknis Manajemen Risiko Kea­ma­nan Informasi di Ling­ku­ngan Pemko Padang, Selasa (23/11) di salah satu hotel di Alang Laweh Pa­dang.

Ia mengatakan, seba­nyak 59 website dan 61 aplikasi aktif di Pe­me­rintah Kota Padang dan semua­nya sudah memiliki pe­ngamanan yang baik. ”Sa­at ini, untuk secure dari website dan aplikasi di Pem­ko Padang sudah ba­gus. Kalau pun ada hacker yang mencoba membo­bolnya, kami akan tutupi celahnya itu,” lanjutnya.

Menurutnya, pihaknya akan terus melakukan as­sesmen untuk mengetahui kelemahan-kelemahan yang terdapat pada web­site Pemko Padang. ”De­ngan begitu, hacker yang ingin masuk dan me­ngam­bil data masyarakat akan susah dan kami juga terus melakukan perbaikan-per­baikan,” lanjutnya.

Ia mengatakan, per­masalahan yang terjadi saat ini pada website mau­pun aplikasi yang ada di Pemko Padang hanya down biasa saja. ”Selama ini web­­site yang ada ini hanya down karena listrik mati saja. Jadi pas listrik hidup kembali kunjungan me­ningkat dras­tis sehingga membuat web­site atau ap­li­kasi itu down,” lanjutnya. (tin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top