Close

Anak Usia di Bawah 12 Tahun Diizinkan Naik KA

Stasiun Kereta Api di Pulau Aie, yang berdekatan dengan area bersejarah, Kota Tua Padang.

 PADANG, METRO–PT KAI Divre II Sumbar kembali membuka layanan angkutan penumpang un­tuk anak yang berusia di bawah 12 tahun. Kepu­tusan ini menyusul melan­dainya Covid -19 di Su­matra Barat.

Vice President PT KAI Divre II Sumbar, Miming Kuncoro mengatakan, atu­ran tersebut menye­suai­kan dengan terbitnya SE Kementerian Per­hu­bu­ng­an Nomor 89 Tahun 2021 ten­tang Petunjuk Pelak­sanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Trans­­por­tasi Perke­retaa­pian Pada Masa Pandemi Covid-19 tanggal 20 Okto­ber 2021.

“Sebelumnya sempat tidak diizinkan, namun hari ini anak-anak di bawah usia 12 tahun, kembali di­per­bolehkan. Meski de­mikian, anak-anak di bawah 12 tahun tetap harus me­menuhi persyaratan, se­perti mendapat pendam­pingan dari orang tua yang sudah mendapatkan vaksi­nasi, memakai masker de­ngan sempurna saat dalam perjalanan maupun di sta­siun, dalam kondisi sehat, dan selalu menerapkan protokol kesehatan secara disiplin,” ujarnya, Jumat (22/10)

Ia menambahkan, se­lama masa pandemi CO­VID-19, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre II Sumbar konsisten me­ngo­perasikan tiga unit ke­reta api penumpang yang dioperasikan di wilayah Kota Padang dan seki­tar­nya.

Ketiga unit KA pe­num­pang tersebut yakni, Ke­reta Api Perintis Lem­bah Anai relasi Kayu Ta­nam – BIM (PP), KA Pe­rintis Mi­nang­kabau Eks­pres relasi Pulau Aie – BIM (PP), KA Lokal Si­binuang relasi Pa­dang – Naras (PP).

“Khusus anak usia di bawah 12 tahun yang akan naik kereta api ini, juga wajib didampingi oleh o­rang tua atau keluarga yang dibuktikan dengan Kartu Keluarga,” papar­nya. (ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top