Menu

Anak Positif Covid-19, Ibu Negatif

  Dibaca : 187 kali
Anak Positif Covid-19, Ibu Negatif
Ilustrasi

SOLOK, METRO
Daftar pasien yang dinyatakan terkonfirmasi terpapar virus Corona di Kota Solok kembali bertambah. Kepastian ini setelah salah seorang warga yang tercatat tinggal di Simpang Rumbio, Kota Solok yang diambil sampel swab test pada Selasa (14/7) lalu, hasilnya dinyatakan positif terpapar virus Corona. Hingga kemarin, yang bersangkutan dalam penanganan petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan.

Dari keterangan Sekretaris Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Solok, Syaiful Rustam menegaskan, dengan adanya penambahan satu orang warga lagi yang dinyatakan positif terpapar virus Corona, terjadi akumulasi pasien positif Covid-19 di Kota Solok menjadi 6 orang.

Dari riwayat pasien 06 Covid 19 Kota Solok berinisial F (20) ini lanjutnya, pasien dua tahun belakangan ini diketahui mondok di Pesantren Wali Barokah Kediri, Jawa Timur.

Yang bersangkutan, Minggu (12/7) lalu berangkat dari Surabaya hendak pulang kampung.

Sehari sebelum F berangkat pulang kampung, yang bersangkutan telah melakukan rapid tes dengan hasil non reaktif. Namun sesampainya dikampung dan dua hari kemudian, tepatnya Selasa (14/7) yang bersangkutan bersama ibunya melakukan swab tes di Posko Covid-19 Kota Solok di Banda Panduang. Dari hasil swab tes terhadap mereka dimana hasilnya keluar pada Jumat (17/7) pagi, dengan hasil ibu yang bersangkutan negatif, namun “F” dinyatakan positif terpapar Covid 19.

Mengetahui status pasien tersebut positif terpapar virus Corona, petugas melakukan tindakan pemantau. Berdasarkan hasil tracking tim surveilans diketahui bahwa warga yang diketahui kontak erat dirumah di rumah pasien ada 4 orang dan 1 keluarga yang pernah kontak dengan 06.  “Hari ini tim Posko Covid-19 Banda Panduang langsung melakukan swab tes ditempat kepada si ibu bersama dengan 4 kontak erat lainnya. Seluruh kontak erat langsung menjalani isolasi mandiri dirumah,” ujarnya.

Sedangkan untuk pasien 06 direncanakan akan dikirim ke BPSDM Padang Besi, namun masih menunggu konfirmasi dari pihak provinsi.  Sementara Tim surveilans saat ini masih akan melakukan tracking kepada tetangga atau kerabat lainnya.

Di jelaskan Syaiful, penemuan penambahan konfirmasi baru positif Covid-19 ini menunjukkan upaya masif Gugus Tugas melalui Posko Covid-19 Banda Panduang melakukan swab tes sangat membantu guna mendeteksi lebih dini. Oleh karena itu, sangat diharapkan pemahaman warga bersama terhadap maksud dan tujuan dilakukannya swab.

Walau di sisi lain akan berpeluang menambah ditemukannya konfirmasi positif baru, akan tetapi semakin cepat diketahui semakin memudahkan langkah memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Solok.

“Kami atas nama gugus tugas tidak bosan-bosannya menghimbau kita semua untuk tidak menganggap semua telah normal, namun kita semestinya malah semakin disiplin mengikuti protokol kesehatan dalam menjalani adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif aman Covid-19. Pakai masker, jaga jarak, menjalankan pola hidup bersih dan sehat,” tegasnya. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional