Menu

Anak Muda Diajak Syiarkan Gerakan Sertifikasi Halal bagi pelaku UMKM di Kota Pa­dang

  Dibaca : 275 kali
Anak Muda Diajak Syiarkan Gerakan Sertifikasi Halal bagi pelaku UMKM di Kota Pa­dang
SOSIALISASI SERTIFIKASI HALAL— Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani bertemu dengan Ketua Pemuda Gebu Minang Wahyu Lestari dan Direktur Eksekutif Bersama Halal Madani (BHM) Hestrini Nawir di kantor Wahyu Lestari di Ulak Karang, Kota Padang.

SAWAHAN, METRO–Ketua DPRD Kota Pa­dang Syafrial Kani meng­gan­­deng anak-anak muda penggiat wisata halal untuk membantu menso­sialisa­si­kan sertifikasi halal bagi pelaku UMKM di Kota Pa­dang.

Dalam kesempatan ter­­sebut, Syafrial Kani ber­temu langsung dengan Ke­tua Pemuda Gebu Minang Wahyu Lestari dan Direk­tur Eksekutif Bersama Ha­lal Madani (BHM) Hestrini Nawir di kantor Wahyu Lestari di Ulak Karang, Kota Padang.

Dalam kesempatan ter­­se­­but,Syafrial Kani, S.H meng­harapkan pemuda ber­peran aktif dalam mela­kukan sosialisasi akan pen­tingnya sertifikasi halal bagi pelaku UMKM yang ada di Kota Padang.

“Sebentar lagi, jalan tol yang menghubungkan Ko­ta Padang dengan Pekan­baru akan terealisir. Hal ini membuat jarak tempuh dari Riau menuju Kota Pa­dang menjadi singkat. Wa­lau mayoritas Sumatera Barat beragama Islam, tetapi memiliki sertifikasi halal bagi UMKM sangat penting sekali. Hal ini ber­kaitan dengan wisata halal yang terus di dengung-dengungkan oleh peme­rintah. Dengan adanya sertifikasi halal, di harap­kan lonjakan wisatawan ke Kota Padang mengalami peningkatan,” ucapnya, Senin (26/7)

Ia menjelaskan juga, ketika suatu produk telah me­miliki sertifikasi halal ma­ka produk-produk UMKM akan mendapatkan nilai tambah lebih. Sehing­ga mampu menembus pa­sar halal di dunia untuk mam­pu bersaing dengan produk luar negeri.

“Pemerintah pusat mem­­­beri waktu kepada pe­ngu­saha untuk mengu­rus ser­tifikat halal hingga 2024. Oleh karena itu, mari kita manfaatkan momentum ini untuk mengurus sertifikasi halal,” tam­bah­nya.

Ketua Pemuda Gebu Minang Wahyu Lestari sangat mengapresiasi usa­ha yang dilakukan Ketua DPRD Kota Padang Syaf­rial Kani yang mengajak kawula muda untuk terlibat dalam sosialisasi sertifikasi halal demi kemajuan wi­sata halal di Kota Padang.

“Sertifikat halal pada saat ini menjadi sesuatu yang penting, karena se­cara tertulis menyatakan kehalalan suatu produk sesuai dengan syariah islam. Tujuannya adalah memberikan dan kepastian hukum hak-hak konsumen muslim terhadap produk yang tidak halal. Mencegah konsumen muslim meng­konsumsi produk yang ti­dak halal. Oleh karena itu, Pe­muda Gebu Minang siap untuk mensosialisasikan pentingnya sertifikasi halal ini,” jelasnya.

Direktur eksekutif Ber­sama Halal Madani (BHM) Hastrini Nawir. Menurut­nya, produk halal telah menjadi fokus pandangan negara-negara yang ada di dunia baik itu negara yang memiliki mayoritas muslim maupun minoritas mus­lim.

“Pada saat ini tren halal telah mendunia dan men­jadi jembatan emas untuk mendukung peningkatan perekonomian, perda­ga­ngan, dan perindustrian di setiap negara. Oleh karena itu, dengan tenggang waktu hingga pengurusan serti­fikat halal hingga 2024 yang di buat oleh pemerintah, mari bersama-sama kita dorong UMKM yang ada di Kota Padang untuk mengu­rus sertifikasi halalnya,” tutup­nya. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional