Menu

Ambulans Gratis Ar Risalah Layani Masyarakat Umum

  Dibaca : 173 kali
Ambulans Gratis Ar Risalah Layani Masyarakat Umum
GRATIS-- Ambulans gratis Ar Risalah meayani masyarakat Padang dan Sumbar.

AIA DINGIN, METRO–Ambulans gratis Yayasan Waqaf Ar Risalah Padang telah beroperasi untuk wilayah Padang dan Sumbar umumnya. Beberapa kegiatan layanan yang sudah dilakukan di antaranya mengantarkan warga yang membutuhkan pertolongan medis dengan segera ke rumah sakit, mengantarkan jenazah, dan kegiatan bakti sosial lainnya.

“Pemakaian ambulans tersebut tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Hal itu guna meringankan beban masyarakat yang membutuhkan. Karena kita tahu, untuk mendapatkan kendaraan saat dibutuhkan itu tidak mudah dan murah,” kata Bagian Layanan dan Informasi Ambulans Ar Risalah, Rifnaldi, kemarin.

Rifnaldi menyebutkan, dalam rentang waktu dari bulan Juli hingga Agustus 2018, ambulans Ar Risalah sudah digunakan lebih dari 21 kali. Umumnya digunakan untuk mengantar pasien, dan satu kali mengantar jenazah. Dia menyebut, hal itu tentu masih bisa dimaksimalkan lagi.

“Untuk tahap awal pengguna jasa ambulans Ar Risalah masih kalangan terdekat pesantren, seperti siswa, keluarga karyawan dan masyarakat sekitar. Hal ini dikarenakan ambulans kita masih baru, dan informasinya masih terbatas,” katanya.

Namun, sebutnya, sebagian masyarakat luar pesantren sudah mendapatkan info terkait ambulans Ar Risalah. “Beberapa waktu lalu ambulans Ar Risalah sudah mengantar jenazah dari Padang ke Maninjau, Kabupaten Agam,” ujar Rifnaldi yang juga merupakan Kepala Klinik Risalah Medika Perguruan Islam Ar Risalah.

Rifnaldi menyebutkan, ambulans gratis Ar Risalah dibeli pada Mei 2018 lalu, dari dana wakaf yang dihimpun oleh Badan Pengelola Wakaf, Yayasan Waqaf Ar Risalah.

Adapun dalam pengelolaannya, Yayasan Wakaf Ar Risalah melimpahkan kepada Lembaga Dakwah dan Sosial (LDS) Ar Risalah, yang merupakan unit khusus yayasan untuk kegiatan-kegiatan sosial dan kemanusiaan. Untuk memudahkan akses layanan, LDS Ar Risalah membuka layanan call center 08536596 0178.

Ketua Badan Waqaf Ar Risalah, H Mulyadi Muslim menyebutkan, kegunaan ambulans ini untuk kegiatan-kegiatan sosial yang diselenggarakan lembaga dakwah. Juga dapat digunakan oleh mayarakat sekitar Ar Risalah dan umum. “Jadi, ambulans ini bukan hanya untuk mengantar jenazah. Bahkan juga bisa digunakan untuk aksi-aksi sosial,” katanya.

Mulyadi menyebutkan, sumber dana yang dikumpulkan berasal dari waqaf orang tua murid SDQu Ar Risalah, SMP Ar Risalah dan Madrasah Aliyah (MA) Ar Risalah. Selain itu, juga ada dari waqaf siswa dan siswi yang dijalankan secara berkala di sekolah. Para donator juga turut membantu Badan Waqaf. “Kami masih menunggu wakaf dari umat,” kata Sekretaris MUI Kota Padang ini. (d)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional