Close

Amankan Libur Lebaran, Satpol PP Bukittinggi Utamakan Sikap Humanis

Amankan liburan hari raya Idul fitri Sat Pol PP Bukittinggi kedepankan Humanis

BUKITTINGGI, METRO–Untuk memberikan rasa aman dan rasa nyaman bagi para pengujung Kota Bukittinggi, personel  Satpol PP Kota Bukittinggi menempatkan 117 personelnya di pos-pos strategis dalam mengatisipai hal yang tidak diinginkan areal jantung kota yakni Jam Gadang Kasat Pol PP Kota Bu­kittinggi Efriadi menuturkan, telah membentuk tim pengamanan ka­wasan Jam Gadang yang menjadi lokasi utama bagi para pengujung untuk berliburan ke Bukittinggi.  Me­ngingat kunjungan wisatan baik lokal maupun luar daerah ke kawasan Jam Gadang tidak bisa terelakkan. “Maka kita mengatur strategi agar keamanan dan kenyamanan wisatawan yang menikmati masa liburan tidak ter­ganggu makan setiap pos-pos yang terpusat keramaian, maka kita tem­patkan anggota kita di sana,”  jelas Efriadi.

Tim yang dibentuk akan terus melakukan patroli rutin. Jika ada dite­mukan Pedagang Kaki Lima (PKL) men­jajah makanannya tidak sesuai aturan yang telah di tentukan, maka akan ditegur secara persuasif dan humanis. “ Kita menekan kepada tim agar dalam setiap tindakan selalu mengedepankan protap-protap yang ada. Berikan ara­han secara baik-baik, agar mereka paham bahwa di areal- areal tertentu tidak bisa berdagang karena akan mengambil hak-hak pejalan kaki dan lokasi taman kita,’ kata Efriadi.

Dikatakan Efriadi, bagi kendaraan yang terparkir sembarangan akan tertipkan juga oleh tim nantinya, karena hal ini yang mengundang kemacetan di kawasan jam Gadang ini  “Tentunya penertiban ini tetap kita mengedepankan humanis dengan cara memberi tahu kepada pemilik kendaraan melalui alat pengeras yang ada di Jam Gadang agar mereka tahu bahwa kendaraanya tidak boleh terparkir sembarangan,” ujar Efriadi.

Kalau dilihat pantauan di lapangan kendaraan yang memasuki ke kawa­san Jam Gadang rata-rata kendaraan dari luar daerah, otomatis mereka tidak tahu peraturan yang ada di Kota Bukittinggi. “Maka dari itu kita terus mengedepankan aturan secara per­sua­sif agar mereka bisa aman dan nyaman menghabis masa liburan,” tambah Efriadi. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top