Close

Alumni SMPN 5 Bukittinggi Gelar Mubes dan Reuni Akbar

Sekitar 900 orang almuni SMPN 5 Bukittinggi, mengikuti reuni akbar dan Musawarah Besar (Mubes) I tahun 2019. Kegiatan diawali dengan jalan santai bersama yang di iringi Drumband SMPN 5 dari Pendesterian Jam gadang menuju SMPN 5 di Surau gadang, Bukittinggi, Sabtu (9/3)

Sekitar 900 orang almuni SMPN 5 Bukittinggi mengikuti reuni akbar dan Musawarah Besar (Mubes) I di tahun 2019. Kegiatan diawali dengan jalan santai bersama yang di iringi drum band SMPN 5 dari Pendesterian jam gadang menuju SMPN 5 di Surau Gadang, Bukittinggi, Sabtu (9/3), dilanjutkan dengan Mubes serta KIM pada malam hari dan dilanjutkan dengan kegiatan silaturrahmi di Lawang Park, Minggu (10/3).

Ketua Panitia Pelaksana Reuni Akbar SMPN 5 Bukittinggi,Rudi Bastian (Angkat an 97) menyebutkan “Reuni Akbar SMPN 5 Bukittinggi ini bertemakan “menjalin nan Taurai dan Mangabek nan Takumpua”artinya mencoba untuk menyatukan semua Alumni SMPN 5 Bukittinggi mulai dari angkatan 1962 sampai angkatan 2018. Sehingga dapat saling kenal satu sama lainnya,” kata Rudi Bastian menambahkan 55 angkatan sudah bergabung dalam Reuni Akbar ini.

Pada Reuni Akbar ini, juga diadakan Musawarah Besar (Mubes) dalam rangka memilih Ketua Umum Reuni SMPN 5 yang baru. Setelah itu juga ada permainan KIM dan dilanjutkan hari Minggu (10/3) ke Puncak Lawang Park yang dijadikan sebagai agenda Silaturahmi untuk mempererat rasa kebersamaan sesama Alumni.

Ketua Umum Alumni SMPN 5 Bukittinggi, Isra Yonza, yang juga Kabag Hukum Setdako Bukittinggi itu pada kesempatan itu sangat mengapresiasi semangat para alum ni SMPN 5 Bukittinggi untuk semua angkatan sebab hamper seluruh angkatan mengahdiri reuni akbar ini.

Kemudian, Isra Yonza atas nama Alumni SMPN 5 Bukittinggi juga berterima kasih kepada Pemerintah Kota Bukittinggi yang telah banyak memperhatikan kemajuan SMPN 5 ini.

Terima kasih kepada Pemko yang telah memperhatikan kemajuan sekolah kami serta termasuk membangun baru gedung SMPN 5, sehingga dengan bangunan baru ini akan dapat memacu semangat belajar bagi adik adik kami siswa SMPN 5,” kata Isra Yonza.

Sementara itu, Salah seorang penggagas reuni Akbar SMPN 5, Asril (Angkatan 87),yang juga Ketua Komisi II DPRD Bukittinggi pada kesempatan itu menyebutkan, Kegiatan yang diadakan selama 2 hari ini bertujuan, untuk lebih mempererat tali silaturrahmi antar angkatan, untuk mendekatkan diri satu sama lainnya.

“Apalagi para Alumni SMP N 5 ini cukup banyak yang sukses, baik dibidang Pemerintahan atau Eksekutif maupun di Legislatif serta Swasta dan di lembaga lainnya, mereka berpencar di seluruh Nusantara ini, Makanya kita kumpulkan mereka melalui Tema “Menjalin Taurai dan Manga bek nan Takumpua”,” ujarnya.

Setelah berkumpul, tentunya Mengenang masa lalu serta berusaha ceria melupa kan persoalan yang ada.Sehingga setelah reuni akbar ini, para alumni dapat me-refresh pemikirannya dalam mengahadapi pekerjannya sehari-hari,” ungkap Asril.

Kemudian,Reuni Akbar ini dilaksanakan untuk meningkatkan rasa sosial. Karena selama ini, Alumni banyak yang aktif dalam kegaiatn social.Namun secara komunitas, baru ada angkatan ’89 yang rutin mengadakan kegaitan sosial, sejak tahun 2011 sam pai 2018, salah satunya melalui kegiatan sunatan massal.ujar Asril menambahkan deng an reuni ini, akan muncul ide dalam membuat kegiatan sosial lainnya, seperti beasiswa untuk pelajar SMPN 5, Qurban, atau kegiatan sosial lain, yang dilaksanakan oleh selu ruh angkatan ataupun gabungan dari beberapa angkatan.

Selain itu, reuni akbar ini digelar,juga untuk menjalin sinergisitas antar angkatan. “Banyak potensi besar dari para alumni yang masih berjalan sendiri. Dengan reuni ini, tentu diharapkan adanya sinergisitas. Semua yang berjalan sendiri tadinya, dapat saling bahu membahu, untuk kebersamaan dan berkontribusi dalam pembangunan Bukittinggi , khususnya SMPN 5 yang kami cintai ini,”tambah Asril.

Sementara itu Yontrimansyah, alumni SMPN 5 angkatan ’81,yang juga Wakil Ke tua DPRD Bukittinggi,pada kesempoatan itu juga mengapresiasi kegiatan Reuni Akbar SMPN 5 Bukittinggi ini Sebab menurutnya,reuni akbar  ini sangat positif bagi para alum ni dan juga pihak sekolah sendiri. “Banyak permasalahan yang bisa diselesaikan bersa ma. Seperti persoalan tanah yabg ada di depan sekolah. Ini tentu akan dibicarakan dan diupayakan mencari solusi terbaik dengan pemilik tanah. Sehingga sekolah kita ini da pat lebih diperbesar hingga ke pinggir jalan,”katanya singkat saja.

Hal yang sama juga disampaikan Zuhrizul, alumni SMPN 5 angkatan 87, yang merupakan Caleg DPR-RI dari Dapil Sumbar 2,juga mengapresiasi kegiatan Reuni Ak bar SMPN 5 Bukittinggi.Selain dapat menjadi ajang silaturahmi untuk melepas rasa kangen dengan teman teman sama sekolah dulu,juga dapat bertukar pikiran untuk ke majuan Sekolah dan daerah pada umumnya.

Kemudian yang terpemnrting lagi,dari Reuni Akbar ini,diharapkan akan lahir pe mikiran seluruh alumni, dalam rangka memberi motivasi kepada pelajar.

“Kita ingin ba gaimana seluruh alumni dapat membeirkan motivasi kepada adik adik yang sekolah sa at ini.

Bagaimana alumni besatu menjadikan SMPN 5 yang maju dan berkualitas.Kita juga ingin para pelajar mendapat pendidikan yang berkarakter, berbudi pekerti luhur. (*/cr8)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top