Close

Alumni Akpol 1990 dan 1996 Gelar Vaksinasi Gratis di HTT, Irwasum Polri dan Kapolda Apresiasi Antusias Mayarakat

VAKSINASI-Irwasum Polri Komjen Agung Budi Maryoto dan Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa memantau vaksinasi gratis yang digagas oleh Alumni Akpol 1990 dan 1996 di gedung HTT.

PADANG, METRO–Warga Kota Padang antusias mengikuti vaksinasi Covid-19 di Aula Himpunan Tjinta Teman (HTT), Jumat (17/9). Kegiatan vaksinasi ini diinisiasi oleh alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 1990 dan 1996 yang bertugas di Polda Sumatra Barat (Sumbar).

Pada kesempatan itu, kegiatan vaksinasi juga di­tinjau Irwasum Polri Komjen Agung Budi Maryoto. Jenderal bintang tiga itu datang didampingi Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra beserta jajarannya.

Di sana, Irwasum Polri dan Kapolda Sumbar me­nyaksikan langsung ramainya warga yang datang untuk mendapatkan vaksinasi gratis. Mereka juga sempat berbincang-bincang dengan warga dan petugas medis vaksinator.

Bahkan, Irjen Pol Teddy memuji antusiasme warga yang melaksanakan vaksinasi. Apalagi, vaksinasi tersebut ditargetkan mencapai seribu orang. Namun, ia melihat antusias warga sangat tinggi.

“Alhamdulillah pada hari ini, penggelaran vaksinasi ditargetkan seribu orang. Namun sepertinya animo masyarakat Padang ini saya rasa lebih dari seribu,” kata Irjen Pol Teddy kepada wartawan, Jumat (17/9).

Ia mengungkapkan ting­­­­ginya animo masyara­kat membuktikan bahwa kesadaran untuk vaksinasi telah mulai tumbuh. Sebab, virus covid-19 tidak boleh dianggap sepele.

“Sebagian masyarakat menganggap virus Covid-19 tidak ada, atau vaksinasi ini tidak perlu dan sebagainya. Itu imej yang salah. Tapi semuanya terjawab pada kegiatan ini di HTT dan beberapa tempat di kabupaten dan kota di Sumbar. Bahwa kesadaran masyarakat sudah mulai bangkit, bahwa vaksinasi menuju kekebalan tubuh adalah hal yang mutlak,” sambungnya.

Irjen Pol Teddy meng­ungkapkan, program vaksinasi ini akan terus digelorakan dan menjadi fokus perioritas. Pihaknya akan menggandeng pemerintah provinsi serta unsur forkopimda untuk menyukseskan.

“Prioritas fokus utama saat ini dan beberapa bulan ke depan adalah vaksinasi. Saya juga berharap dukungan dan peran serta masyarakat dan teman media untuk bisa menyebarkan bahwa vaksinasi perlu dilakukan untuk me­nyelamatkan kita semua dari pandemi covid-19,” tuturnya.

Sementara, kata Ketua Koordinator Alumni Akpol 1996, Kombes Pol Joko Sadono mengatakan, kegiatan bakti sosial (baksos) ini pihaknya menargetkan 1.000 vaksinasi dapat tercapai. Namun, ternyata ma­syarakat sangat antusias sangat tinggi karena ramainya warga yang ikut vaksinasi.

“Baksos yang kita selenggarakan yaitu vaksinasi gratis dan sekaligus membagikan bantuan paket sembako. Bagi yang ikut vakasinasi, kita berikan paaket sembako. Jumlah paket sembako juga 1.000,”  ungkap Kombes Pol Joko.

Menurut Kombes Pol Joko, pihaknya menyelenggarakan baksos, se­perti vaksinasi gratis dan Sembako sebagai bentuk kepedulian  di masa pandemi Covid-19. Kegiatan itu bekerja-sama dengan Biddokkes Polda Sumbar.

“Vaksinasi gratis ini untuk membantu percepatan program vaksinasi pemerintah, sedangkan bagi Sem­bako untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19. Khusus sembako, itu merupakan Alumni Akabri 1990 dan 1996 TNI-Polri yang bertugas di Polda Sumbar, Korem 032 Wirabraja, Lantamal II dan Lanud Sutan Sjahrir.,” sebutnya.

Sementara Ketua Bi­dang Operasional HTT Albert Hendra Lukman mengatakan pihaknya puluhan kali melaksanakan kegiatan vaksinasi dengan menggandeng sejumlah pihak mulai dari DKK Kota Pa­dang, TNI dan Polri dan lainnya

. Ia menjelaskan, HTT sebagai perkumpulang Ti­ong­hoa yang juga bagian dari Indonesia, HTT memiliki kontribusi dalam pe­nanga­nan Covid-19 yang telah memberikan dampak serius terhadap kehidupan masyarakat, baik ekonomi maupun kesehatan dan lainnya.

Tingginya antusias ma­syarakat yang datang untuk di vaksin, HTT mampu untuk menampungnya, ka­rena HTT memiliki sarana dan prasarana yang memadai dengan gedung yang luas dan representatif, nyaman dan dingin.

“Total ada 26 kali kita lakukan kegiatan ini di sini. Langkah ini untuk menyukseskan program vaksinasi pemerintah agar pandemi ini segera berakhir. Kita berupaya mendukung pemerintah bersama-sama menciptakan herd im­mu­nity. Pada hari ini kita targetkan seribu peserta karena pada vaksin pertama sekitar 900 orang yang akan menjalankan vaksin kedua hari ini. Kemung­kinan lebih dari seribu o­rang yang kita layani pada hari ini,” jelasnya.

Selain vaksiniasi, pihaknya juga rutin menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat yang terkendala ekonomi akibat pandemi. “Kita sebagai perkumpulan sosial dalam kondisi saat ini yang membutuhkan kego­tong­ro­yo­ng­an dalam menghadapi ini. Kita membantu semua lapisan masyarakat baik di Padang dan Sumbar,” pung­kasnya. (rgr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top