Close

Aliansi Cipayung Komitmen dan Bulatkan Tekad, Jaga Harkamtibmas di Sumbar

TEKAD—Aliansi Cipayung yang didalamnya tergabung beberapa Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) Padang, menyatakan sikap dan tekad serta komitmen bersama menjaga Harkamtibmas di Sumbar.

PADANG, METRO–Aliansi Cipayung yang didalamnya tergabung beberapa Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (O­KP) Padang, menyatakan sikap komitmen bersama dan siap menjadi garda terdepan dalam mewujudkan harkamtibmas, menjaga  persatuan dan kesatuan bangsa, menangkal intoleransi, radikalisme, serta kabar hoax di Sumatera Barat.  Aliansi yang me­nyatakan sikap tersebut antara lain Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kota Pa­dang dan  Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI). Per­nyataan sikap dari Aliansi Cipayung Padang dilaksanakan di sekretariat PM­KRI jalan Wolter Monginsidi beberapa waktu lalu.

Ketua GMNI Kota P­a­dang Dhiky Armadhany menyebutkan, dirinya bersama organisasi di Kota Padang berupaya menjaga dan mengawal isu-isu di Sumbar seperti radikalisme, teroris dan kabar hoax “Maka dari itu kami ber­tekad bersama Aliansi Cipayung yang ada di Kota Padang untuk menjaga Sumatera Barat dari ber­bagai isu yang memecah belah persatuan dan kesatuan. Ini merupakan ge­rakan untuk menjaga Har­kamtibmas di Sumatera Barat,” katanya.

Sementara Ketua U­mum HMI cabang Padang  Nabusfanando menyebutkan, dari berbagai jajaran dan latar belakang ba­gaimana semua elemen harus menjaga dan merawat nasionalisme di Sumbar  “Gerakan separatis dan radikalisme harus di­berangus, ini peran pen­ting mahasiswa dan pemuda untuk merawat kebhinekaan tersebut. Diketahui Kebinekaan adalah sebuah realita yang yang tidak dapat dihindari keberadaannya. Keanekaragaman da­lam hal apapun yang su­dah sudah ada jauh sebelum Indonesia merdeka dan sebagai alat pemersatu dalam mewujudkan cita-cita proklamasi 1945 berdasarkan Pancasila dan UUD 45,” kata Nabusfanando.

Hal serupa ditegaskan Ketua GMKI Kota Padang Mellynia Aprilia D.M Sijabat. Ia menyebutkan saling menghargai dan menghormati perbedaan, merupakan sebuah keharusan, demi menjaga Harkamtibmas merawat nasionalisme dan menolak radikalisme. “Kalau pemuda ber­gerak, masyarakat tentu bisa sejahtera. Mari berdamai bersama, Kami dari OKP Cipayung siap merawat dan menjaga Harkamtibmas.” tuturnya.

Selanjutnya, Ketua U­mum PMKRI  Cabang Pa­dang Angelius Adventinus Haria yang didampingi Ketum PMII Kota Padang Khairul Arif menyebutkan, target kedepannya agar pemuda dicegah dari aliran aliran yang tidak sepatutnya. “Sebagai bentuk Persatuan Cipayung menjaga keamanan dan kekompakan yang ada di Sumbar. Pemuda harus punya semangat dan motivasi yang sama menjaga harkamtibmas di Sumbar. Agar Sumbar bisa nyaman dan maju kedepannya,” ungkapnya.

Dikatakannya, pemuda hadir sebagai antitesis memecahkan permasalahan yang ada dan mencari solusi atas permasalahan itu, seraya menjaga ketertiban masyarakat.  “Kita harus peka, karena masih adanya berbagai isu dihembuskan yang tentu dapat mengganggu harmo­nisasi masyarakat di Sumbar. Maka dari itu kamu segenap OKP di Kota Pa­dang membulatkam tekad dan sikap untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) pun juga harus menjaga merawat kebhinekaan di Sumbar,” pungkasnya. (hen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top