Menu

Ali Mukhni: Wali Nagari Garda Terdepan

  Dibaca : 84 kali
Ali Mukhni: Wali Nagari Garda Terdepan
Ali Mukhni

PDG.PARIAMAN, METRO
Bupati Padangpariaman, yang saat ini masih memasuki masa cuti, yaitu H. Ali Mukhni  dan juga sebagai calon Wakil Gubernur Sumbar berpasangan dengan Calon Gubernur, Ir. Mulyadi, mengakui begitu strategisnya peran dan kedudukan walinagari sebagai garda terdepan sebagai pelayan  masyarakat di tingkat nagari.

“Seperti diketahui, jajaran pemerintahan nagari yang dipimpin oleh seorang walinagari itu kan merupakan jajaran pemerintah tereandah, yang juga berarti peran mereka jelas sangat penting dan strategis sekali sebagai garda terdepan dalam memberikan pelayanan terbaik  kepada masyarakat yang ada di nagari,” tegas H. Ali Mukhni,  kemarin.

Sebagai jajaran pemerintahan terendah H. Ali Mukhni mengakui jika tugas seorang walinagari terbilang cukup kompleks, apalagi dia harus berhadapan secara langsung bahkan face to face dengan masyarakatnya.

Dengan alasan itulah lanjutnya ke depan memang sudah selayaknya jika nasib dan kesejahteraan para walinagari juga bisa mendapatkan perhatian khusus oleh berbagai pihak. Baik itu oleh pemerintah daerah maupun oleh pemerintah Provinsi.

“Makanya ke depan kita tentunya akan melihat terlebih dahulu bagaimana regulasinya, sehingga nantinya kesejahteraan atau tunjangan walinagari misalnya bisa kembali dianggarkan melalui APBD Provinsi atau pun sumber dana lainnya,” terangnya.

Sebagai Bupati dua periode, H. Ali Mukhni mengakui pihaknya menyadari sepenuhnya bagaimana berat beban tugas yang dijalankan oleh para walinagari, begitu pula tugas kepala desa lainnya, makanya ke depan tentunya sudah selayaknya pula jika nasib dan kesejahteraan mereka harus lebih diperhatikan. Apakah itu dengan cara meningkatkan tunjangan mereka atau melalui sumber pendanaan lainnya yang tidak bertentangan dengan peraturan perundangan yang ada.

Di pihak lain Ali Mukhni mengakui jika keberadaan nagari maupun desa yang tersebar di Sumatera Barat selama ini memiliki banyak potensi yang  mesti dikembangkan lagi ke depannya. Makanya ke depan dibutuhkan adanya koordinasi yang baik dan lebih jelas lagi antara dinas terkait di tingkat provinsi dengan jajaran pemerintahan yang ada.

“Seperti diketahui pada dasarnya cukup banyak program dinas terkait di tingkat provinsi yang bisa disinkronkan dengan program pemerintahan nagari, apakah itu berupa program pelatihan keterampilan, pemberdayaan sektor petanian, perikanan, pengembangan sektor UMKM dan sebagainya. Ke depan hal inilah yang perlu menjadi perhatian khusus oleh pihak pemerintah provinsi ke depan,” sebutnya.

Menurutnya, untuk mendorong dan memberdayakan ekonomi yang ada nagari misalnya, mungkin bisa saja dilakukan melalui program pemberian bibit gratis, sehingga dengan begitu para petani akan merasa terbantu untuk lebih berdaya dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi mereka. Tentunya sesuai dengan potensi lahan yang ada di daerahnya. Demikian pula sektor perikanan maupun pemberdayaan UMKM dan berbagai industri rumahan yang banyak ditemukan di berbagai nagari di Provinsi Sumatera Barat ini,” bebernya mengakhiri. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional