Menu

Ali Mukhni: Tidak Ada Tanah Warga Terlantar

  Dibaca : 100 kali
Ali Mukhni: Tidak Ada Tanah Warga Terlantar
Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni

PDGPARIAMAN, METRO
Inspektorat Padangpariaman apresiasi Nagari Lareh Nan Panjang Selatan dalam program peningkatan ekonomi disektor perkebunan yaitu penanaman pinang wangi. Kualitas pinang wangi di Padangpariaman sangat bagus dan sudah banyak diperjualbelikan didalam maupun luar Sumatera Barat.

Pengadaan bibit pinang wangi yang bersumber dari dana desa ini dharapkan mampu memotivasi masyarakat untuk memanfaatkan lahan yang masih kosong atau pekarangan rumah.

“Sesuai motto Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni, bahwa tidak ada lahan terlantar di Padangpariaman. Saya kira Walinagarinya sudah sudah aksi nyata mendukung kebijakan daerah. Dana desa diarahkan untuk ekonomi masyarakat,” kata Inspektur Hendra Aswara saat menghadiri sosialisasi peningkan kapasitas Perangkat Nagari di Aula Kantor Wali Nagari Lareh Man Panjang Selatan, Kecamatan VII Koto, Padangpariaman.

Selanjutnya untuk pengelolaan keuangan nagari, Hendra mengatakan ada lima indikator yaitu perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan  dan pertanggungjawaban.

Komitmen Walinagari, Bamus beserta stakeholders sudah sangat baik dalam komunikasi dan realisasi dana nagari,” ujarnya.

“Di sini dana desa dikelola Rp 1,5 milyar, kita ingin nagari ini menjadi contoh dalam transparasi mengelola dana nagari,” ujarnya.

Sementara Walinagari Lareh Nan Panjang Selatan Zainal mengatakan tujuan sosialisasi peningkatan kapasitas perangkat nagari agar penataan keuangan dan administrasi dapat berjalan maksimal sesuai ketentuan perundang-undangan.

“Lapor inspektur, kita disini selalu melibatkan bamus, babinsa babinkamtibmas dan unsur lainnya dalam pengambilan keputusan,” kata Wali Zainal.

Sekaitan penanaman bibit pinang wangi merupakan kesepakatan nagari. Bibit dibagikan ke rumah-rumah masyarakat untuk ditanam.

“Bibitnya sudah ada di kantor nagari, kita segera bagi ke rumah warga. Bibit diperoleh dari Nagari Sikucur yang dibina oleh Dinas Pertanian,” ucapnya. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

IKLAN

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional