Menu

Ali Mukhni Apresiasi Perantau Bantu Warga Terdampak Covid-19

  Dibaca : 432 kali
Ali Mukhni Apresiasi Perantau Bantu Warga Terdampak Covid-19
H Ali Mukhni Bupati Padangpariaman

PADANGPARIAMAN, METRO
Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni meminta kepada semua perantau dari daerahnya yang berada di seluruh dunia agar menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak t erhadap penurunan ekonomi sejak pandemi corona (Covid-19).

“Meski semua perantau dihimbau agar tidak pulang kampung dalam kondisi wabah Covid-19 ini. Namun, sebagian perantau yang memiliki kelebihan harta dapat menyumbangan kepada masyarakat kampungnya,” kata Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni dan Sekda Padangpariaman Jonpriadi serta Kabag Humas Pemkab Padangpariaman Anton Wira Tanjung.
Katanya, masyarakat di kampung banyak yang sangat membutuhkan bantuan perantau yang memiliki kelebihan. Artinya, perantau yang berkecukupan sangat ditunggu masyarakat yang tidak mampu di kampung dalam pemulihan ekonomi masyarakat.

Sebab katanya, masyarakat kampung yang terpaksa tinggal dalam rumah pada saat Covid-19, otomatis mereka tidak dapat berusaha atau beraktifitas dalam mengenjot ekonominya. Saat itulah mereka butuh dukungan suntikan ekonominya dari rantau agar mereka bisa hidup zaman wabah ini.

Ali Mukhni yang dijagokan sebagai salah seorang calon Gubernur Sumatra Barat untuk periode lima tahun ke depan, sangat mendukung perantau yang telah membantu masyarakat di kampungnya, seperti Kenagarian Lareh Nan Panjang, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak.

Dicontohkan Ali Mukhni, salah seorang perantau H Aung Manday dan H Lawnis Manday yang telah membantu masyarakat kampungnya, walau mereka tidak bisa pulang kampung dikarenakan adanya larangan pulang kampung untuk mencegah penyebaran Covid-19. Meski berada di perantauan, sebagian hartanya sampai di kampung untuk membantu beban masyarakat.

Dua orang pedagang emas di Kota Pekanbaru tersebut lanjut Ali Mukhni memberikan bantuan sembako kepada masyarakat kampungnya di Korong Simpang Malai Ujuang Tanah Kecamatan Sungai Geringging, Kabupaten Padangpariaman.

“Kita sangat mendukung dan apresiasi perantau yang demikian. Semoga perantau asal Kabupaten Padangpariaman asal Kabupaten Padangpariaman juga tergugah hatinya untuk membantu masyarakat kampung halamannya masing-masing,” ungkap Ali Mukhni.

Ali Mukhni menuturkan, bantuan sembako atau kebutuhan bahan makanan sangat dibutuhkan masyarakat dalam kondisi Covid-19 ini. Sebab, masyarakat yang ekonominya terganggu seeprti pedagang harian dari pasar ke pasar terganggu, karena di pasar masyarakat tidak boleh berkumpul antisipasi Covid-19.

“Yang dibantu dua orang saudagar emas dari Kota Pekanbaru ini adalah anak yatim piatu, lansia, janda dan masyarakat yang distabilitas atau cacat. Semoga bantuan yang diberikan dua orang saudagar emas itu menjadi amal ibadah bagi mereka. Ini yang kita ketuk hati perantau lainnya agar dapat mencotoh dua orang saudagar emas itu,” paparnya.

Apalagi katanya, saat ini ia bayak menerima informasi bahwa telah banyaknya perantau yang menyisihkan sebagian rezekinya untuk sanak saudaranya di kampung halaman ditengah pandemi Covid-19 melanda seluruh belahan dunia.

“Saya sangat terharu dan menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh perantau Padangpariaman pada umumnya, wujud ke pedulian ini,” ujarnya.

Ali Mukni berharap seluruh perantau diberikan kesehatan dan diberikan kelapangan rezeki oleh Allah SWT. Ia juga berharap apa yang telah dilakukan oleh perantau Nagari Lareh Nan Panjang Kecamatan VII Koto dibawah pimpinan walinagari Zainal yang melaporkan kepadanya melalui telepon tentang bantuan perantau ini.

Ali Mukhni menyatakan perantau di Nagari Lareh Nan Panjang telah memberikan bantuan beberapa paket bantuan untuk warganya. Ini yang membuat dirinya terharu.

“Saya mengucapkan sangat terimakasih atas bantuan yang diberikan dunsanak di rantau. Apalagi Wali Nagari langsung memberikan kepada masyarakat yang sangat membutuhkan,” ujarnya.

Ali Mukhni juga menyatakan ada sabda rasul menyatakan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu ‘Amir yang artinya, “Sesungguhnya sedekah pasti bisa meredam orang-orang yang melaksanakannya dari hawa panasnya kubur. Pada hari kiamat, orang yang beriman akan mendapat naungan (berteduh) di bawah sedekahnya (saat di dunia),” pungkasnya. (efa)

Editor:
KOMENTAR

1 Komentar

  1. Adeline Goodell

Fanpage Facebook

IKLAN

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional