Close

Alhamdulillah, Nagari Pulasan Sijunjung Kini Tak lagi Blank Spot, Bupati Benny Dwifa: Kalau Kita Bersama Pasti bisa Terwujud

DIRESMIKAN— Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir menggunting pita sebagai tanda diresmikannya tower Telkomsel di Jorong Koto Pulasan yang sudah selesai dibangun.

SIJUNJUNG, METRO–Masyarakat Nagari Pu­lasan, Kecamatan Tanjung Gadang, Kabupaten Sijun­jung kini bisa menikmati jaringan telekomunikasi setelah pembangunan to­wer Telkomsel di Jorong Koto Pulasan selesai di­ba­ngun dan diresmikan oleh Bupati Benny Dwifa Yuswir pada Minggu (5/12).

Tower pemancar sinyal itu di­bangun berkat kerjasama semua pihak mulai dari masyarakat, pemerintah nagari, pemerintah pusat dan berkat dorongan dari anggota DPR RI Andre Rosiade yang bersinergi dengan Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir untuk membangun Kabupaten Sijunjung.

Manfaat jaringan seluler itu kini sudah dirasakan oleh Nagari Pulasan yang memiliki penduduk sekitar 3.600 jiwa lebih. Dimana  masyarakat yang selama ini tidak tersentuh jaringan dan terkendala akses telekomunikasi.

Sebelum tower dibangun masyarakat harus per­­gi ke Nagari Tanjung Gadang yang berjarak sekitar 10KM dari Nagari Pulasan meskipun hanya untuk sekedar melakukan panggilan telepon. Karena memang Nagari Pulasan termasuk daerah blank spot.

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir menjelaskan, pembangunan itu terwujud berkat sinergi dan dukungan semua pihak.

“Ini dinantikan mas­yarakat sejak Indonesia merdeka, sudah lama sekali. Pengajuan dari Pemda untuk pembangunan ini ada dua nagari yaitu, Nagari Sisawah dan Pulasan. Berkat dukungan dan bantuan semua pihak termasuk Pak Andre Rosiade di DPR RI serta Buya Syafi’i Maarif akhirnya bisa terwujud,” terangnya.

Bupati Benny berharap agar sinergi dan kolaborasi tetap terjaga dengan baik kedepannya. “Semo­ga program pembangunan lainnya, Sijunjung tetap diprioritaskan. Ayo Bang Andre, kita bangun  Sijunjung lebih maju lagi. Kita dari pemerintah daerah siap berkolaborasi,” terang Ben­­ny, Minggu (6/12).

“Kita masih butuh pembangunan pasar, pembe­na­han pasar Inpres Muaro Sijunjung dan pembangunan pasar kuliner di RTH Logas, jika ini terwujud akan berdampak positif untuk perekonomian ma­sya­rakat. Proposal su­dah kita berikan kepada Bang Andre, semoga saja ini juga bisa terakomodir,” harapnya.

Bupati menegaskan bah­­wa untuk membangun Sijunjung tidak akan bisa dilakukan jika pemerintah daerah berjalan sendiri saja. “Mari kita bangun daerah ini, karena kita tidak akan bisa sendiri untuk membangun. Pemda tidak bisa membangun kalau sendiri, kami terus be­rusaha untuk mencari peluang untuk mewujudkan Sijunjung lebih maju lagi, tapi tanpa dukungan dari kita semua tidak akan bi­sa,” tegasnya.

Pihaknya mengharapkan munculnya ide-ide kreatif dalam membangun Sijunjung. “Pada masa pandemi saat ini kita butuh ide-ide kreatif. Perkuat sektor pertanian di setiap nagari, karena itu tulang punggung ekonomi masyarakat kita. Layani masyarakat dengan baik dan jangan lagi ada warga yang mengeluh terkait pelayanan di pemerintahan,” harapnya.

Selain itu Bupati juga mengingatkan agar pengawasan dan pembinaan da­lam menggunakan media sosial jadi perhatian. “Sinyal kini sudah ada, jadi perlu pengawasan dan edu­kasi oleh pemerintah na­gari dan tokoh masya­ra­kat agar masyarakat kita paham bagaimana cara me­ng­gunakan teknologi informasi dan cara mengguna­kan media sosial dengan baik dan benar,” tambahnya.

Pembangunan tower itu diusulkan pada tahun 2020 kemarin. Pemerintah daerah melalui Dinas Kominfo mengusulkan proposal untuk pembangunan tower. Bak gayung bersambut, upaya tersebut didorong langsung oleh Andre Rosiade selaku anggota DPR RI Komisi VI yang bermitra langsung dengan Kementrian BUMN. “InsyaAllah pada tahun 2022 mendatang juga akan dibangun di Nagari Langki,” ujar Bupati

Wali Nagari Pulasan Awardi mengatakan, kehadiran jaringan seluler su­dah sejak lama didambakan masyarakat. “Ini su­dah sangat lama kami nantikan. Alhamdulillah sudah beberapa hari ini kami sudah bisa menggunakan akses jaringan ini. Biasanya masyarakat harus berjalan jauh untuk mencari sinyal ke Nagari Tanjung Gadang,” tutur Walinagari Pulasan.

“Kami ucapkan terima kasih atas peran dan bantuan semua pihak baik pemerintah daerah hingga ke pusat, sehingga tower bisa dibangun di Nagari Pulasan. Semoga sinergi pembangunan ini tetap terjaga dan berjalan dengan baik kedepannya, demi kemajuan daerah,” papar Awardi. (ndo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top