Close

Alek Manuang Limbago Nagari Muaro, Bupati Benny Dwifa Digelari Sutan Gumilang, Pemberian Gelar dari Bapak ke Anak dari Suku Bendang Nagari Muaro

PEMBERIAN GELAR— Prosesi pemberian gelar Sutan Gumilang kepada Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, dalam Alek Manuang Limbago Nagari Muaro.

SIJUNJUNG, METRO–Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir diberi gelar Sutan Gumilang dari Suku Bendang Nagari Muaro. Pemberian gelar dari bapak ke anak tersebut berlangsung dalam acara Alek Manuang Limbago, Panobatan Batogak Gala Ninik Mamak Nagari Muaro. Pemberian gelar Sutan Gumilang kepada Bupati Sijunjung dari Suku Bendang Nagari Muaro itu ditandai dengan pema­sangan saluak kepada Bupati Benny Dwifa, dilaksanakan di Balai adat Suku Bendang Nagari Muaro.

Kegiatan Alek Manuang Limbago itu dihadiri para pemangku adat, ninik mamak, bundo kandung, cucu kamanakan serta seluruh unsur adat yang ada di Nagari Muaro. Pa­da Minggu (22/1). Hal itu sejalan dengan pituah adat di Minangkabau de­ngan istilah, “Pancaringek tumbuah di paga, diambiak urang ka ambalau, ke­tek banamo gadang bagala, baitu adaik di Minangkabau”.

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, menyebutkan, akan menjalankan amanah sebagai anak, dan cucu dari Ninik Mamak kaum Suku Bendang Nagari Muaro. “Kami mohon doa dan restu, agar dapat mengemban ama­nah sesuai dengan gelar yang telah diberikan dengan baik. Dan semoga kita semua dapat bimbingan dari Allah SWT,” ucapnya.

Prosesi Alek Manuang Limbago ninik mamak Nagari Muaro itu sebelumnya, diawali dengan penobatan batagak gala yang dikuti dengan sejumlah rangkaian kegiatan dan prosesi adat Minangkabau. Bahkan pada Alek Manuang Limbago tersebut juga dilakukan pe­nyembelihan kerbau, sesuai adat istiadat di Ranah Minang.

Selain dihadiri para ninik mamak dan kaum di Suku Bendang Nagari Mu­aro beserta undangan, juga dihadiri oleh Wabup  Iraddatillah, unsur Forkopimda, Anggota DPRD dan jajaran OPD di lingku­ngan Pemkab Sijunjung.

Alek Manuang Limbago, penobatan gelar ninik mamak di nagari merupakan prosesi yang sakral. Sebagai masyarakat adat di Minangkabau, hal tersebut di Kabupaten Sijunjung masih terjaga dengan baik dan kental. Di sisi lain, pemberian gelar Sutan Gumilang kepada Bupati Sijunjung, juga sebagai tanda bahwa Benny Dwifa kini resmi menjadi anak, cucu dan kemenakan dari kaum Suku Bendang di Nagari Muaro.

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Kominfo Sijunjung, David Rinaldo, S.STP yang sekaligus mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan tersebut dengan sukses dan lancar. “Alhamdulillah, prosesi pemberian gelar kepada Bupati Benny Dwifa dan penobatan gelar ninik mamak Nagari Muaro pada Alek Manuang Limbago berjalan lancar dengan sukses,” tutur Kadis Kominfo.

Dikatakannya, dengan pemberian gelar tersebut, kini Bupati Sijunjung bisa dipanggil dengan sebutan “Sutan Gumilang”. “Sesuai dengan istilah kita di Minangkabau, ketek banamo gadang bagala,” ujar­nya.

Gelar Sutan Gumilang yang diberikan kepada Bupati Sijunjung tersebut diumumkan di depan semua orang dan tokoh adat yang ada di Nagari Muaro. Dilaksanakan dalam acara pemberian gelar dari bapak pada anak da­lam Suku Bendang Nagari Muaro. (ndo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top