Menu

Alat Kelengkapan DPRD Agam Terbentuk

  Dibaca : 332 kali
Alat Kelengkapan DPRD Agam Terbentuk
RAPAT PARIPUIRNA—Ketua DPRD Agam Novi irwan memimpin rapat paripurna internal pembentukan alat kelengkapan dewan . (peri rahman/posmetro)

AGAM, METRO – DPRD Agam bergerak cepat. Setelah pimpinan defenitif dilantik Senin,(23/9) lalu, anggota DPRD Agam langsung mengadakan Rapat Paripurna Internal untuk membahas dan mengukuhkan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) Jumat, (27/9).

Ketua DPRD Agam Novi Irwan, melalui Kasubag.Humas-Protokol Sekretariat DPRD Agam mengatakan, proses penyusunan AKD sesuai amanat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD serta Paraturan DPRD Agam Nomor 1 Tahun 2018 tentang Tata tertib DPRD Kab Agam.

Dijelaskan, aturan tersebut telah dijadikan acuan dalam menyusun AKD DPRD, dengan 4 komisi, Badan Musyawarah (Bamus), Badan Anggaran (Banggar), Badan Kehormatan, dan Bapemperda.

“Rapat Paripurna Internal pembentukan alat kelengkapan dewan diawali dengan mendengarkan usulan dari masing-masing fraksi, pengisian jabatan dan keanggotaan AKD, telah terbagi secara merata oleh seluruh fraksi di lembaga legislatif melalui musyawarah dan mufakat,” jelasnya.

Ditambahkan, AKD yang telah dibentuk di DPRD Agam yakni komisi satu, komisi dua, komisi tiga dan komisi empat, serta badan kehormatan (BK), badan anggaran (Banggar), bapemperda dan Badan Musyawarah (Banmus) semua terisi sesuai dengan harapan.

Setelah terbentuk unsur pimpinan AKD, ketua DPRD Agam Novi Irwan langsung memimpin rapat paripurna didampingi wakil ketua DPRD Suharman, Marga Indra Putra dan Irfan Amran serta Sekretaris DPRD Agam Indra, dan langsung mengumumkan komposisi AKD tersebut.

Komposisi AKD DPRD Agam, masing-masing pimpinan Komisi I ketua Syaflin dari fraksi PAN, Komisi II ketua Rizki Abdillah Fadhal dari fraksi PKS, ketua Komisi III Aderia dari fraksi Demokrat, dan Komisi IV ketua Erdinal dari fraksi Gerindra.

Dalam rapat tersebut juga diumumkan susunan badan musyawarah dan Banggar yang sesuai dengan aturan langsung dipimpin oleh pimpinan DPRD, Bapemperda ketua Zulhendrif Bandaro Labiah, dan Badan Kehormatan dipimpin oleh Ar Yutinof.

Setelah pembentukan AKD, dilanjutkan dengan pembentukan panitia khusus untuk pembahasan tata tertib DPRD Agam dan panitia khusus pembahasan kode Etik. Semua anggota DPRD Agam hadir lengkap mulai dari proses persidangan sejak Jumat sampai Sabtu dinihari di gedung DPRD Agam untuk melaksanakan rapat-rapat dan dilanjutkan rapat Bamus untuk penyusunan jadwal kegiatan DPRD Agam bulan Oktober 2019. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional