Menu

Alat Berat mulai Bekerja di Pelabuhan Panasahan

  Dibaca : 140 kali
Alat Berat mulai Bekerja di Pelabuhan Panasahan
Pelabuhan Panasahan mulai Disinggahi Kapal Tongkang

PESSEL, METRO
Ada pemandangan lain di kawasan Pelabuhan Carocok Painan dari hari – hari biasanya, Sejak beberapa hari lalu tongkang biasa untuk mengangkut batu bara ataupun material sudah mulai bersandar di Panasahan Carocok Painan.

Tongkang ini terlihat sedang menurunkan jangkarnya di kawasan Pelabuhan Panasahan Carocok Painan.

Selain keberadaan tongkang besar tersebut, terlihat juga beberapa unit alat berat penggeruk tanah berada di dermaga Pelabuhan Panasahan Painan, Kabupaten Pesisir Selatan.

Menurut Yan (35), salah seorang nelayan setempat pada Pos Metro, jika tongkang sudah ada di lokasi Pelabuhan Panasahan Cacorok Painan sejak dua hari ini.

“ Tidak tahu apa yang mau diangkut ke atas tongkang. Yang jelas tongkang ini sudah ada,” ungkap Yan.

Sementara itu, dimasa Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, pada tahun 2019 Pemkab Pessel akan melanjutkan pengembangan pelabuhan panasahan Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan.

Bahkan untuk mempercepat pengembangan pelabuhan panasahan, Kementerian Perhubungan menganggarkan Rp. 39 miliar. Dan, Pemkab Pessel kalah itu akan menyiapkan tanah seluas 12 hektare di sekitar pelabuhan Panasahan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pesisir Selatan Gunawan ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa untuk kewenangan penuh keberadaan tongkang di bawah kendali Sabandar Pelabuhan Panasahan Painan.

Ditegaskan Gunawan, jika memang akan ada aktifitas nantinya tetap Pemkab Pessel akan dikenakan pajak dari aktifitas tersebut. Contohnya material tanah ataupun yang lainya.

“ Kita dari Pemkab Pessel telah turub kelokasi. Namun secara kewenangan nya menjadi kewenangan dari pihak Sabandar pelabuhan. Kita hanya memastikan kontribusi ke Pemkab Pessel dari aktifitas tersebut,” tekuk Kadis Perhuhungan Pessel. (rio)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional