Menu

Aksi Pengedar Selundupkan Narkoba ke Penjara Anak Air Klas II B Padang, Kotak Rokok Berisi Sabu Dilempar dari Luar Pagar

  Dibaca : 179 kali
Aksi Pengedar Selundupkan Narkoba ke Penjara Anak Air Klas II B Padang, Kotak Rokok Berisi Sabu Dilempar dari Luar Pagar
DIAMANKAN— Andika Putra (29) diamankan petugas sipir Rutan Anak Air Padang karena ketahuan melempar kotak rokok berisi sabu dari balik pagar.

PADANG, METRO–Petugas jaga Rumah Tahanan Negara (Rutan) Anak Air Klas II B Padang, memergoki seorang pria yang berusaha menyelundupkan sabu ke dalam penjara itu dengan melemparkan kotak rokok dari balik pagar, Selasa (24/8) sekitar pukul 01.00 WIB.

Usia dipergoki, pria ber­nama Andika Putra (29) warga Jondul Rawang, Ke­camatan Padang Selatan ini, selanjutnya diamankan oleh petugas Rutan. Sete­lah dicek, kotak rokok yang dilemparnya ke dalam Ru­tan ternyata berisikan dua gram sabu yang dibungkus plastik bening.

Meski sudah dia­man­kan, pelaku yang juga me­ru­pakan residivis kasus penyalahgunaan gunaan narkotika dan baru seta­hun lebih bebas dari pen­jara, mengaku tak menge­tahui siapa yang akan me­ne­rima sabu tersebut, lan­taran ia hanya ditugaskan melem­par sabu ke dalam Rutan.

“Kejadian ini berawal ketika ada orang tak dike­nal yang mencurigakan di halaman samping Rutan, yang bersangkutan berja­lan dan langsung melem­parkan sebuah kotak rokok ke dalam rutan dan saat ditanyai pelaku gugup dan berusaha mela­rikan diri namun berhasil diamankan oleh petugas jaga rutan,” ujar Kepala Rutan Padang Muhamad Mehdi.

Muhamad Mehdi  me­nambahkan, pelaku yang berhasil diamankan petu­gas langsung dilakukan in­terogasi dan pelaku m­e­nga­kui telah me­lempar se­buah kotak rokok berisikan pa­ketan narkoba jenis sabu.

“Kotak rokok yang telah berhasil dilempar pelaku ke dalam Rutan, langsung dilakukan pemeriksaan dan memang ternyata beri­sikan plastik bening yang isinya diduga kuat narko­tika jenis sa­bu,”katanya.

Setelah kejadian itu pi­hak Rutan Padang lang­sung berkordinasi dengan Polsek Koto Tangah. Proses serah terima diselesaikan oleh pihak Rutan Padang dengan Polsek Koto Ta­ngah sekitar pukul 03.00 WIB, dan pelaku langsung digelan­dang ke kantor polisi.

“Untuk proses lebih lanjut kami serahkan ke polisi, termasuk untuk me­nelusuri jaringan dan ke­pada siapa tujuan barang di dalam Rutan. Atas keja­dian ini, pengawasan akan diperketat demi mengan­tisipasi serta menghindari adanya penyelundupan barang terlarang ke dalam Rutan Padang,” ujarnya.

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Koto Tan­gah Ipda Mardianto mem­benarkan telah diamankan pria bernama Andika Putra karena diduga telah me­lakukan tindak pidana pe­nyalahgunaan narkotika jenis sabu-sabu.

“Berawal sewaktu petu­gas jaga Rutan yang mera­sa curiga dengan  gerak gerik pelaku yg berada di dekat dinding tembok pa­gar Rutan yang melem­parkan sesuatu barang ke dalam pekarangan dalam Rutan,”ujar Mardianto.

Kemudian lanjut Mar­dianto, petugas jaga meng­hu­bungi petugas piket yang sedang berada di dalam Rutan untuk mengamankan pelaku dan didapati barang bukti jenis sabu lebih ku­rang sebanyak dua gram dibungkus de­ngan plastik klip warna putih di dalam kotak rokok sempurna.

“Pelaku juga mengakui bahwa barang haram ter­se­but adalah miliknya yang akan di masukkan ke dalam Ru­tan. Yang bersangkutan berstatus sebagai kurir yang ber­tugas mengan­tarkan ba­rang dari seseo­rang yang sedang kami lacak kebera­daan­nya,”tu­turnya.

Dikatakannya, dalam hal ini pelaku juga meru­pakan residivis kasus nar­koba yang baru keluar pada tahun 2020. Se­lanjut­nya mengamankan pelaku ke Polsek Koto Tangah guna proses hukum selan­jutnya.

“Barang bukti yang ka­mi amankan berupa satu unit sepeda motor merek Mio warna hitam yang di­gu­­nakan oleh pelaku. 2 gram diduga kuat sabu-sabu dibungkus dengan plastik klip warna putih yang disimpan dalam kotak rokok Sampoer­na,”tu­tup­nya. (rom)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional