Menu

Aksi Pencurian Sarang Walet Terbongkar karena CCTV, Lakon Terpaksa Ditembak

  Dibaca : 603 kali
Aksi Pencurian Sarang Walet Terbongkar karena CCTV, Lakon Terpaksa Ditembak
PENCURI DITEMBAK— Pelaku Roni Andika alias Lakon (38) yang terlibat aksi pencurian sarang walet hanya bisa duduk di kursi roda usai ditembak Tim Klewang.

PADANG, METRO
Berkat rekaman kamera pengintai atau CCTV, seorang pelaku spesialis pencuri sarang walet ditangkap Tim Klewang Satreskrim Polresta Padang saat sedang bekerja membongkar muat ikan di kawasan Muaro Padang, Kecamatan Padang Selatan, Minggu (3/1) sekitar pukul 12.00 WIB.

Pelaku bernama Roni Andika alias Lakon (38) yang sudah berulang kali mencuri sarang walet ini terpaksa dihadiahi timah panas. Pasalnya, ketika dilakukan penangkapan, pelaku masih saja nekat melawan untuk melarikan diri. Tak ingin buruannya kabur, Tim Klewang pun menembak kaki kiri pelaku.

Pelaku yang saat itu sedang berlari, setelah kakinya ditembus timah panas, langsung terkapar dan menyerah kepada Tim Klewang. Setelah itu, pelaku dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda Sumbar agar luka tembak yang dialaminya mendapatkan pengobatan.

“Pelaku ditangkap berkat adanya laporan dari korban terkait pencurian sarang walet yang terjadi pada bulan Desember 2020 yang lalu di Jalan Kampung Batu Nomor 43, Kelurahan Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan,” kata Kasatreskrim Polresta Padang Kompol Rico Fernanda, Senin (4/1).

Dijelaskan Kompol Rico, terungkapnya kasus pencurian tersebut berawal saat korban yang memeriksa rekaman kamera pengawas (CCTV) gudang tempat penyimpanan burung walet miliknya. Ketika diamati, ternyata terlihat ada seseorang yang memasuki gudangnya dan membawa sarang walet.

“Saat itu korban melihat kejadian berupa di gudang miliknya yang terletak di belakang rumah dimasuki orang tidak dikenal dan membawa kabur sarang burung walet milik korban. Dari rekaman CCTV, terlihat pelaku sudah berulang kali melakukan aksinya, hingga korban mengalami kerugian Rp 50 juta,” sebut Kompol Rico.

Bermodalkan laporan korban disertai adanya rekaman CCTV, Kompol Rico menuturkan, pihaknya melakukan penyelidikan hingga akhirnya mengungkap siapa dalang di balik pencurian tersebut. Setelah identitas pelaku dikantongi, pihaknya kemudian melacak keberadaan pelaku.

“Selanjutnya pada hari Minggu (3/1), Tim Klewang mendapatkan informasi keberadaan pelaku yang sedang bekerja membongkar ikan di sebuah kapal ikan kawasan Muaro Padang,” sebut Kompol Rico.

Mendapat informasi itu, dikatakan Kompol Rico, pihaknya langsung menuju ke Muaro Padang dan ditemukanlah pelaku berada di sebuah kapal tengah bekerja membongkar ikan. Petugas bergerak melakukan penangkapan terhadap pelaku.

“Tetapi, pelaku memberikan perlawanan dan berusaha melarikan diri, sehingga terpaksa dilumpuhkan dengan menembak kaki kirinya. Pelaku terlebih dahulu kita bawa ke rumah sakit, baru kemudian dibawa ke Polresta Padang untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut,” pungkas Kompol Rico. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional