Menu

Akses Jalan ke Lahan Pertanian Puncak Polan Dibuka

  Dibaca : 123 kali
Akses Jalan ke Lahan Pertanian Puncak Polan Dibuka
TINJAU AKSES JALAN —Wako Sawahlunto Deri Asta dan Yufaizon meninjau langsung akses jalan yang akan dibuka dan diperlebar di Puncak Polan selama 1 minggu ini menuju lahan pertanian.

SAWAHLUNTO, METRO–Walikota Sawahlunto Deri Asta bersama General PT. Bukit Asam Pertambangan Ombilin  Gotong Royong Yulfaizon membuka akses jalan ke lahan pertanian di Puncak Polan, Rabu (4/8).

Lahan pertanian di Puncak Polan, Kecamatan Lembah Segar itu luas lahannya mencapai lebih kurang 350 hektare, yang dikelola 3 kelompok tani yaitu Puncak Polan, Kubang Gajah dan Puncak Sarang Onggan. Dan, lahan per­tanian tersebut diisi dengan per­kebunan karet, sawit, manggis, kelor, ubi/singkong sampai jahe merah. Karena begitu poten­sialnya lahan di Puncak Polan tersebut perlu didukungnya de­ngan akses jalan yang mumpuni. Sehingga produksi hasil pertanian dari ke­lompok tani yang akan panen bisa ditransferkan ke peda­gang.

Melihat hal tersebut Pemko Sawahlunto gandeng, PTBA bahu membahu memprioritaskan mem­­buka jalur jalan ke Puncak Polan sepanjang 15 km. Dan akan diper­ki­ra­kan selesai dalam waktu 1 minggu.

Walikota Deri Asta menga­presiasi dan berterimakasih ke­pada 3 kelompok tani yang telah mengolah lahan di Puncak Polan. Dari lahan yang dulunya cuma berisi semak belukar dan per­pohonan sekarang sudah menjadi lahan potensial dan memiliki nilai ekonomis. Dengan semangat dan kerja keras anggota – anggota kelompok tani tersebut, telah berhasil menanam dan mengolah banyak sekali tanaman dari ber­bagai varietas.

Deri Asta menyampaikan, terimakasih kepada PT. Bukit Asam Pertambangan Ombilin, di bawah komando General Manager, Yulfaizon, yang telah turun tangan membantu dengan mem­berikan biaya operasional dalam membuka akses jalan ini.

Di Puncak Polan ini, varietas yang ditanam dan sudah mulai panen adalah karet (140 hektare), sawit (30 hektare), kelor (2 hek­tare), manggis, ubi/singkong dan jahe merah (1,5 hektare). Kami di sini ada 3 Kelompok Tani yang mengelola lahan ini, yaitu Puncak Polan de­ngan 24 orang anggota, Kubang Gajah dengan 12 orang anggota dan Puncak Sarang Onggang de­ngan 20 orang anggota. (pin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional