Menu

Akibat Covid-19, UMKM Banyak yang Mati

  Dibaca : 260 kali
Akibat Covid-19, UMKM Banyak yang Mati
Ilustrasi

PURUS, METRO
Covid-19 ternyata tak hanya menelan korban jiwa, tapi juga mematikan perekonomian masyarakat. Ratusan UMKM tersebut banyak yang mati alias tak bergerak.

“Sejak Covid-19, tak ada lagi jualan pakaian. Tidak ada yang beli. Sementara karyawan digaji terus,” sebut Rido (38), salah seorang warga Andalas Padang.

Rido sendiri sebelumnya mengaku aktif berjualan pakaian, baik secara langsung di toko dan secara online. Namun usaha itu kini hancur karena tak ada yang beli. Iapun berusaha kini mengalihkan ke usaha lain , yakni berjualan minuman segar dengan membuka lapak di pinggir jalan depan rumahnya.

“Namun usaha ini pun kurang jalan.Ya, mau bagaimana lagi. Saya sudah coba bertahan, tapi bangkrut juga,” tandasnya.

Warga lainnya Intan (40) juga mengakui hal yang sama. Usaha butik pakaiannya juga kolap selama Covid-19. Iapun kini beralih profesi jualan gorengan. “Kalau jualan baju, tas sepatu sekarang susah. Sama sekali tidak jalan,” ungkapnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang, Suhandra mengatakan, pandemi Covid-19 memang telah mempengaruhi UMKM. Hal itu karena ekonomi yang menurun. “Yang jalan, jalan juga. Yang tidak, tidak juga. Memang keadaannya seperti itu. Ya, mau diapakan lagi,” sebut Suhandra.

Pemko Padang pun menurutnya tak bisa berbuat banyak. Untuk tahun 2021 ini menurutnya juga tak ada bantuan dari pemerintah untuk pelaku UMKM. “Mau kasih bantuan pakai apa, uang tak ada,” bebernya. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional