Menu

Akibat Angin Kencang Melanda Jorong Pandam, Rumah Tuo Dihantam Pohon

  Dibaca : 165 kali
Akibat Angin Kencang Melanda Jorong Pandam, Rumah Tuo Dihantam Pohon
POHON TUMBANG— Pohon tumbang menimpa rumah tuo di Jorong Pandam, Nagari Sariak, Kecamatan Sungai Pua akibat angin badai yang disertai hujan deras.

AGAM, METRO
Rumah gadang di Jorong Pandam, Nagari Sariak, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam ditimpa pohon akibat angin kencang yang disertai hujan melanda wilayah nagari tersebut, Kamis dini hari (1/4). Namun, tidak ada korban dalam peristiwa tersebut hanya korban material.

Pj Wali Nagari Sariak, Fitrianos mengatakan, pohon yang menimpa rumah gadang milik Asmi ini cukup besar, sehingga rumahnya alami kerusakan yang cukup berat. “Kondisi rumah itu sebagian dindingnya retak, bagian atap roboh begitu juga dengan lantainya,” ujar Fitrianos.

Dikatakan, masyarakat telah melakukan pembersihan secara bergotong royong. Proses pembersihan secara alami mengalami kesulitan karena peralatan yang ada hanya satu unit chain saw kecil selain peralatan manual. “Apalagi batang pohon yang dipotong tersebut cukup besar, sehingga membutuhkan peralatan lain untuk percepatan proses pembersihan,” sebut Fitrianos.

Ia menyebutkan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 01.00 WIB akibat angin badai yang melanda wilayah itu, sehingga pemilik rumah dan berbagai peralatan rumah tangga terpaksa diungsikan ke paviliun samping rumah tersebut. “Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun kerugian ditaksir capai puluhan juta,” terang Fitrianos.

Tidak itu saja pohon tumbang juga terjadi di ruas jalan kelok 44 tepatnya kelok 25 Jorong Kuok, Nagari Matua Mudiak, Kecamatan Matua. “Akibatnya sebagian badan jalan provinsi itu tertutup material pohon, hanya bisa dilewati satu arah. Namun, setelah dilakukan upaya pembersihan, jalan sudah dapat dilewati kembali secara normal sekitar pukul 07.05 WIB,” ujar Fitrianos.

Kemudian titik kedua terjadi di belakang Villa Tiara V Sitingkah Tapi, Jorong II Balai Ahad, Nagari Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung. “Material pohon menimpa rumah warga, dan sudah dilakukan upaya pembersihan,” sebut Fitrianos.

Titik ketiga di Intake PLTA Maninjau Jorong Muko-Muko, Nagari Koto Malintang, Kecamatan Tanjung Raya yang menimpa pagar Intake PLTA tersebut. Selanjutnya titik keempat di Jorong Labuah, Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya menimpa dapur rumah warga dan sudah selesai upaya pembersihan sekitar pukul 08.40 WIB.

Titik kelima di Jorong Kubu, Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya yang materialnya menimpa rumah warga dengan kondisi rusak sedang. ”BPBD bersama pemerintah kecamatan, nagari dan warga sudah melakukan proses pembersihan,” terang Fitrianos.

Selain itu, juga terjadi di Padang Sibalungkiang Jorong Lubuak Aluang, Kecamatan Ampek Nagari, dengan material pohon menimpa atap rumah warga. BPBD mengimbau masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dalam menyikapi cuaca yang sejak beberapa pekan terakhir mulai ekstrem, untuk dapat menghindari risiko ketika bencana terjadi. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional