Close

Akhir 2021, Semua Program Kerja Harus Tuntas Sesuai Target di Kota Solok

Wali Kota Solok Zul Elfian.

SOLOK, METRO–Pada penghujung tahun anggaran 2021, hendaknya program kerja yang telah diagendakan tuntas sesuai target yang diharapkan. Dan hasil pelaksanaan pro­gram selama? Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah  (APBD) Kota Solok tahun anggaran 2021 hendaknya menjadi bahan evaluasi bagi Wali Kota selaku kepala Pemerintahan Kota (Pemko) Solok.

Dan yang perlu menjadi perhatian, ketidak mampuan pejabat dalam menjalankan program yang telah diagendakan dalam APBD tahun anggaran 2021 harusnya menjadi catatan bagi kepala daerah ketika menempatkan pejabat pa­da masing-masing OPD yang ada.

Hal ini diungkapkan Rus­di Saleh anggota DPRD Kota Solok, melihat ke­nya­taan masih banyaknya program dan kegiatan yang dilaksanakan dimasing-ma­sing OPD masih jauh dari harapan ma­sya­rakat.

“Memang hak perogratif kepala daerah dalam menempatkan pejabat dimasing-masing OPD,, namun kemampuan para pejabat yang ditempatkan hendaknya juga menjadi perhatian,” Ujarnya.

Kalau untuk kepenti­ngan politik menurutnya loyalitas pejabat memang dituntut. Namun kemampuan pejabat juga sangat dibutuhkan ketika mereka ditempatkan menduduki jabatan? tertentu.

“Masyarakat berharap akan kemajuan daerah baik dalam pembangunan maupun dalan peningkatan pe­rekonomiannya. Sehingga untuk mewujudkan harapan itu dibutuhkan kemampuan pejabat selaku eksekutor atas program yang telah diagendakan. Jadi dalam penempatan pejabat diharapkan kemampuan menjadi tolak ukur, bukan berdasarkan kasihan palagi kalau dengan dasar balas jasa politik,” ujarnya bukan bermaksud menggurui Wali Kota Solok dalam menggunakan kewenangannya.

Kalau melihat keinginan Wali Kota Solok maupun Wakil Wali Kota Solok untuk membangun daerah, menurutnya dirasa sangat baik. Namun kalau tidak didukung oleh kemampuan dan rasa tanggungjawab oleh para pejabat, keinginan kepala daerah akan tetap menjadi angan-a­ngan semata.

Bukan saja ketidak siapan pejabat dalam menjalankan program rencana pembangunan yang menjadi sorotan dewan. Dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang sudah berlangsung bertahun-tahun, sepertinya kinerja pejabat Pemko Solok selaku eksekutor juga perlu diper­tanyakan.

Wali Kota Solok Zul Elfian dalam setiap rapat koordinasi (Rakor) maupun rapat terbatas dengan pejabat dilingkungan Pemko Solok, selalu menekankan agar para pejabat mampu mewujudkan visi dan misi pemerintah. Dan setiap kinerja para pejabatnya akan terus dievaluasi.  (vko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top