Menu

Ajo Buset Berharap Mahyeldi-Audy Berpihak pada Seniman Minang

  Dibaca : 103 kali
Ajo Buset Berharap Mahyeldi-Audy Berpihak pada Seniman Minang
BERSAMA ARTIS— Cagub Mahyeldi dan Cawagub Audy Joinaldy bersama artis Minang, Ajo Buset.

PADANGPARIAMAN, METRO
Artis papan atas Ranah Minang, Budi Setiawan atau Ajo Buset menjadi salah seorang talen yang videonya diproduksi untuk bahan kampanye, sosialisasi program unggulan Mahyeldi-Audy. Tak heran, artis yang dikenal dengan lagu “Asoy Tabang” itu sering terlihat bersama Tim Mahyeldi-Audy.

Saat bertemu dengan Ketua Bidang Milenial Mahyeldi-Audy, Bagindo Yohanes Wempi, sang maestro lagu Minang bercerita panjang lebar tentang nasib seniman di masa pandemi Covid-19 dan masa era android saat ini. Ajo Buset bercerita, ini mewakili perasaan semua seniman, terutama seniman musik bahwa saat ini memproduksi lagu tidak untung malah rugi, tidak bisa menutupi biaya produksi.

“Tauncang awak,” kata Ajo Buset sambil galak-galak terkekeh di depan anggota DPRD Padangpariaman 2009-2014 ini.

Ajo Buset bercerita bahwa seniman sangat terpukul sekali dengan keadaan pandemik Covid-19, para seniman tidak bisa tampil, tidak bisa berkarya yang bisa mendatangkan ingkam pendapatan agar bisa hidup.

“Sekarang banyak seniman memilih tidak berkarya dan mencari pekerjaan lain yang bisa mendatangkan uang,” kata Ajo Buset lagi.

Kondisi itu dibenarkan juga oleh Audy, Cawagub millineal Sumbar ini. Audy memaparkan bahwa seniman terpukul ekonominya, tidak bisa berkarya lagi terjadi untuk semua seniman di nusantara ini. Bisa dilihat saat ini tidak banyak karya-karya baru yang lahir di saat Pandemik Covid-19. Memprihatikan memang.

Namun tidak Audy Joinaldy, urang Solok Raya namanya jika dalam diskusi tidak memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh para seniman tersebut. Dalam penutup diskusi Audy berkomitmen, jika diberikan amanah memimpin Sumbar lima tahun ke depan bersama Mahyledi nanti maka akan membuat trobosan-trobosan.

“Salah satu adalah Pemerintah Provinsi Sumbar akan memberikan dana untuk setiap karya-karya yang diciptakan oleh seniman. Bantuan dana tersebut dimulai dari seniman memproduksi karya, membuat karyannya. Setelah itu dibantu juga seniman yang berkarya tersebut menampilkan karya ke publik melalui iven, acara-acara tampil di publik, sampai dilempar ke pasaran agar bisa dinikmati oleh masyarakat umum,” kata kader PPP ini.

Nanti, katanya, diambil contoh seniman lukis, mereka didorong berkarya dengan diberi dana perdasarkan pengajuannya. Apa untuk satu karya atau beberapa karya. Lalu diberikan tempat pameran lukis gratis di taman budaya untuk beberapa hari. Setelah itu diberi tempat/galeri promosi untuk menjual karyanya pada masyarakat.

Begitu juga seperti Ajo Buset, diberi dana pembiayaan untuk membuat album, lalu dipentaskan di tempat khusus miliki Provinsi seperti di Bukittinggi, Padang dan kota lainnya di Sumbar secara gratis. Semua pembiayaan karya seniman ditangung oleh Pemerintah Provinsi, serta Pemprov Sumbar bisa bekerja sama dengan pihak kedua, atau lain.

“Malam itu banyak solusi-solusi yang diberikan oleh Audy Cawagub millineal Sumbar ini. Kami bersepakat bahwa seniman Sumbar harus dibantu tetap berkarya, agar khasanah kehebatan seni budaya Minangkabau yang terkenal di nusantara tidak pudar,” kata Bagindo Yohanes Wempi yang juga mantan Presiden BEM Universitas Andalas (Unand) Padang ini.

Ajo Buset menilai, Mahyeldi dan Audy adalah orang memiliki kepribadian yang sederhana. Menurut Ajo Buset, Audy malah merupakan orang yang humoris layaknya dirinya. “Dari penilaian saya, Audy orang santai dan cepat akrab. Seperti layaknya saya seperti itulah dirinya (Audy),” kata Ajo Buset usai syuting video YouTube bersama Audy Joinaldy, Selasa (13/10).

Ajo Buset menambahkan, Audy merupakan pemimpin merakyat. “Bang Audy sangat merakyat. Langsung akrab dengan orang seperti sudah kenal lama sebelumnya,” Sambung Ajo.

Ajo Buset berharap kepada pasangan Calon Gubenur (Cagub) dan Calon Wakil Gubenur (Cawagub) Sumbar, Mahyeldi-Audy Joinaldy memerhatikan para seniman Minang ke depannya. “Mudahan-mudahan dengan adanya uda Audy seniman Minang dapat lebih diperhatikan kelanjutan dari musisi Minang,” harap rapper asal Pariaman ini. (uki)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional