Close

Ajax VS Liverpool, Duel Menentukan

Selebrasi para pemain Liverpool saat melawan Ajax di Anfield, Liga Champions 2022/2023.

Ajax Amsterdam akan menjamu Liverpool di Johan Cruyff Arena pada matchday 5 Grup A Liga Champions 2022/2023. Pertandingan ini dijadwalkan kick-off Kamis, (27/10) jam 02.00 WIB.

Ini adalah duel yang sa­ngat menentukan. Ajax ha­rus menang jika ingin menjaga peluang. Di lain pihak, Liverpool hanya membutuhkan hasil imbang untuk menyusul Napoli ke babak 16 besar.

Sejauh ini, Ajax telah mengalahkan Rangers 4-0, takluk 1-2 dari Liverpool di Anfield, kemudian dua kali dipermak Napoli dengan agregat gol 3-10. Sementara itu, setelah dihantam Napoli 1-4 di Naples, Liverpool menaklukkan Ajax, lalu meng­hajar Rangers dua kali dengan agregat gol 9-1.

Grup A sementara ini dipimpin oleh Napoli de­ngan 12 poin, diikuti Liverpool (9), Ajax (3), dan Rangers (0).

Ajax harus mengalahkan Liverpool jika ingin menjaga peluang lolos ke babak 16 besar. Jika Ajax imbang, sedangkan Rangers kalah di markas Napoli, maka wakil Belanda itu akan dipastikan finis peringkat tiga dan lanjut ke Liga Europa.

Tugas Liverpool lebih mudah. The Reds hanya perlu menghindari kekalahan di Amsterdam untuk memastikan kelolosan mereka.

Situasi memang cukup menguntungkan Liverpool. Asal bisa menghindari ke­kalahan, persaingan di Grup A akan berakhir dengan Li­verpool dan Napoli yang lolos ke 16 besar. Kans minimal meraih satu poin juga cukup terbuka lebar bagi anak asuh Jurgen Klopp.

Fakta bahwa Liverpool baru saja kalah dari Nottingham Forest di Liga Inggris diperkirakan tak akan terlalu berpengaruh. Andrew Robertson, bek kiri Liverpool, memastikan ia dan rekan setim akan langsung fokus melawan Ajax. Apalagi laga ini bisa berhadiah tiket ke 16 besar.

“Laga berikutnya akan segera datang dan kami harus bangkit. Kami punya laga penting di Liga Champions yang bisa memberi kami tiket ke 16 besar,” ucap Robertson, seperti dilansir laman resmi Liverpool.

Namun, Liverpool jelas harus melakukan evaluasi. Terutama soal penyelesaian akhir karena hal itu menjadi masalah besar mereka di kandang Nottingham. Se­bab, dari tujuh shots on target, tak ada satu pun yang menjadi gol.

“Kami bisa membuat banyak peluang tapi tidak ada yang berbuah gol. Ra­sanya sangat membuat frustrasi ketika kamu gagal me­ngubah banyak peluang menjadi gol,” tambah Ro­bertson.

Di sisi lain, Ajax baru saja pesta kemenangan saat me­ngalahkan RKC Waalwijk 4-1. Sebelumnya, tim asuhan Alfred Schreuder menang dengan skor lebih besar yakni 7-1 atas Excelsior. Hasil dua laga ini tentu bisa memantik motivasi skuad Ajax di sisa laga Grup A UCL 2022/2023. (*/rom)

Perkiraan Susunan Pemain

Ajax Amsterdam (4-3-3): Pasveer; Sanchez, Timber, Bassey, Blind; Berghuis, Alvarez, Klaassen; Tadic, Brobbey, Bergwijn.

Pelatih: Alfred Schreuder.

Liverpool (4-2-3-1): Alisson Becker; Alexander-Arnold, Gomez, Van Dijk, Robertson; Fabinho, Henderson; Elliott, Firmino, Carvalho; Salah.

Pelatih: Jurgen Klopp.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top