Menu

Ajang Promosi Pariwisata dan Buru Prestasi di Kota Pariaman, Daya Tarik Wisatawan dari Berbagai Daerah

  Dibaca : 77 kali
Ajang Promosi Pariwisata dan Buru Prestasi di Kota Pariaman, Daya Tarik Wisatawan dari Berbagai Daerah
GENIUS UMAR foto bersama dengan para atlet sepatu roda usai kegiatan.

Kejuaran Pariaman fun roller skating tour race tahun 2021 di Sirkuit Se­patu Roda Pantai Cermin Kota Pariaman ber­lang­sung meriah dan menarik pengunjung wisatawan dari berbagai daerah da­lam Propinsi Sumatra Ba­rat. Iven tersebut semakin menjadi daya tarik para pengunjung untuk datang ke Kota Pariaman menik­mati indahnya alam pantai Kota Pariaman. Sabtu ke­ma­rin, Walikota Pariaman Genius Umar resmi mem­buka kejuaraan tersebut.

“Fun Roller Skating Tour Race merupakan ke­giatan latihan bersama sepatu roda yang digelar Pemerintah Kota Paria­man melalui Perserosi (Persatuan Olahraga Se­pa­tu Roda Seluruh Indonesia) Kota Pariaman ting­kat Sumatera. Ini meru­pakan kegiatan yang baik karena kegiatan yang me­rupakan berolahraga sam­bil rekreasi, bisa membuat anak –  anak senang se­hingga dengan kese­na­ngan yang didapat bisa meningkatkan imun tubuh anak. Namun pelaksa­na­an­nya tetap menerapkan protokol kesehatan, “ ung­kap Walikota Pariaman H Genius Umar, kemarin.

Bahkan kata Genius Umar, Kota Pariaman Siap gelar kejurnas (Kejuaraan Nasional) sepatu roda piala Ibu Negara, Iriana Joko Widodo.

Genius Umar men­je­laskan bahwa event se­patu roda tingkat regional ini adalah kali ke 3 (tiga) yang diadakan oleh Kota Pariaman dan 1 (satu) kali event Nasional di tahun 2019 lalu, dengan menga­dakan kejurnas sepatu roda Piala Walikota Paria­man, yang juara umum­nya dimenangkan oleh Provinsi Jawa Tengah.

“Dengan pengalaman tersebut, dan kesuksesan event sepatu roda yang kita laksanakan setiap tahun, karena itu, Kota Pariaman siap untuk meng­gelar Kejurnas Sepatu Roda memperebutkan Pi­ala Ibu Negara, iriana Joko Widodo,” ujarnya.

Pernyataan Wako Pa­riaman ini langsung di­sam­paikan kepada utu­san Perserosi Pusat, Kopli, yang datang khusus untuk menghadiri acara Paria­man Fun Roller Skating Tour Race ini, dan me­nyebutkan bahwa Kota Pariaman satu-satunya di Sumatera Barat yang mem­punyai lintasan Sepatu Roda berstandar Nasional.

Genius Umar mengung­kapkan, saat ini Kota Pa­riaman menjadi terbaik pertama di Provinsi Su­matera barat dalam pe­nanggulangan penye­ba­ran Covid-19, dan selalu berada di zona kuning, dengan alasan tersebut, ia berani menyatakan untuk menjadi tuan rumah Ke­jurnas Piala Ibu Negara ini.

“Iven Sepatu Roda ting­kat Nasional mempe­re­butkan Piala Ibu Negara di Kota Pariaman, akan be­kerjasama dengan Per­serosi Pusat, dan kita doakan agar Event ini dapat terlaksana, dan pan­demi Covid-19 dapat se­gera berlalu,” tukasnya. “Dengan digelarnya Event tersebut, kita berharap mempunyai multiplayer effect untuk Kota Paria­man dan masyarakat, se­lain peningkatan kun­ju­ngan wisatawan, sekaligus juga dapat meningkatkan perekonomian daerah, dengan banyaknya pe­serta dan keluarga mere­ka yang ikut dalam event nasional ini, yang ten­tunya tetap dengan men­jalankan Prokes yang ke­tat,” tutupnya.

Sementara itu Utusan Perserosi Pusat, Kopli mengatakan bahwa pihak­nya menyambut baik ide orang nomor satu di Kota Pariaman ini, dan akan menyampaikanya ke or­ga­nisasinya di Pusat untuk ditindaklanjuti. “Setelah kembali ke Jakarta, saya bersama Perserosi akan mengadakan rapat ber­sama, untuk membahas lebih lanjut tentang Event Kejurnas Sepatu Roda Piala Ibu Negara di Kota Pariaman ini, nantinya teknis dan kegiatanya akan kita bahas di internal dulu,” ungkapnya.

Kopli mengapresiasi Pemerintah Kota Paria­man, yang membuat Sir­kuit Sepatu Roda ber­stan­dar Nasional di dae­rah­nya, dan sukses meng­gelar event skala regional dan Nasional setiap ta­hun, dan hal ini akan men­jadi catatan bagi Perserosi pusat, untuk mere­ko­men­dasikan Kota Pariaman sebagai tuan rumah event skala Nasional Piala Ibu Negara ini.

Pariaman Fun Roller Skating Tour Race ini di­ikuti oleh 300 an peserta, dan terdiri dari 20 Club Sepatu Roda, dimana ada yang berasal dari Aceh, Medan, Jambi, Pekanbaru dan Seputaran Sumatera Barat. Event ini akan di­gelar selama 2 (dua) hari, mulai hari ini sampai be­sok, 3-4 Juli 2021.

Kota Pariaman bisa melakasanan kegiatan latihan bersama sepatu roda karena saat ini Kota Pariaman berada pada zona kuning.  Namun ke­giatan ini tidak seperti tahun sebelumnya, di­mana saat ini keluarga akan dibatasi men­da­m­pingi peserta sehing­ga tidak terlalu ramai. Sirkuit sepatu roda Pantai Cer­min Kota Pariaman meru­pakan sirkuit yang ber­standar Nasional dan sa­tu-satunya yang ada di Sumatera Barat.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini, silatu­rahmi sesama peserta club akan tetap terjalin meskipun pada umumnya semua peserta bersaing. Untuk peserta dari Kota Pariaman hendaknya ke­giatan ini bisa dijadikan motivasi dan melihat se­per­ti apa strategi pemain lain sehingga bisa terpacu jiwa sportifitas.

Sementara itu Kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dis­dik­po­ra) Kota Pariaman Kanderi mengatakan bahwa ke­giatan ini diikuti dari bebe­rapa dareha di Sumatera, diantaranya Medan, Aceh, Jambi, Riau dan beberapa Kota/Kabupaten di Pro­vinsi Sumatera Barat.

“Ada 77 kelas yang akan dipertandingkan. 57 untuk kelas senior dan 20 kelas untuk pemula. Untuk kelompok yang akan di­pertandingkan ada 3 (tiga) yaitu pemula, standar dan speed. Pemula ada 70 peserta, 96 peserta speed dan 145 peserta standar. Jadi total keseluruhan peserta yang ikut latihan bersama ini sebanyak 311 peserta, “ ungkapnya.

311 peserta Fun Roller Skating Tour Race akan berlaga selama 2 (dua) hari. Mulai tanggal 3 s.d 4 Juli 2021 dengan mem­perebutkan piala dan me­dali tetap Walikota Paria­man. Olahraga mem­pu­nyai kemampuan mem­bangun perekonomian rakyat, ini dapat terlihat bahwa di setiap aktivitas olahraga dapat dengan mudah dijumpai penjual makanan maupun minu­man, kehidupan mereka tentu terbantu di tengah permasalahan pere­ko­nomian bangsa. Tidak berlebihan bila olahraga saat ini merupakan salah satu bagian dari faktor pendukung ekonomi di Kota Pariaman.

“Jadikan latihan ber­sama ini sebagai ajang bersilahturrahmi sesama  atlet sepatu roda, dengan itulah disadari betul bah­wa kesamaan yang kita miliki haruslah melahirkan rasa sportivitas diantara kita semua sekaligus dapat mengasah bakat, sehing­ga atlet Kota Pariaman mampu berprestasi diting­kat nasioal bahkan international, “ ujarnya.

Setelah kegiatan sele­sai Walikota Pariaman Genius Umar didampingi Ibu Ny Lucyanel Genius Umar menutup kegia­tan­nya  dari tangga 2 sampai dengan  4 Juli 2021.

Pariaman Fun Roller Skating Tour Race meru­pakan kegiatan latihan bersama sepatu roda yang digelar Pemerintah Kota Pariaman melalui Perserosi (Persatuan O­lah­raga Sepatu Roda Se­luruh Indonesia) Kota Pa­riaman tingkat Sumatera.

“Untuk kesekian kali­nya Kota Pariaman seba­gai tuan rumah pelak­sanaan latihan bersama atlet sepatu roda tingkat Sumatera, diikuti oleh berbagai daerah seperti Aceh, Medan, Pekanbaru, Jambi, Palembang, Lam­pung dan Sumatera Barat khususnya ,” ujar Genius Umar. “Selama dua hari secara bersama mela­kukan latihan bersama seperti halnya turnamen, kita berbahagia menyak­sikan anak-anak kita dan atlet kita menampikan skil terbaiknya dihadapan kita bersama ,” sambungnya.

Genius pesankan bah­wa kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi antara atlet muda sepatu roda di wilayah Sumatera yang rata-rata usia anak-anak. Tujuannya untuk melihat semangat anak-anak kita berolahraga untuk meraih prestasinya. Selain seba­gai ajang silaturahmi, Genius katakan bahwa ke­giatan ini sebagai ajang promosi pariwisata Kota Pariaman dan dalam ra­ngak memotivasi atlet-atlet Kota Pariaman untuk selalu meningkatkan pres­tasinya di cabang olahraga sepatu roda ini. (***)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional