Close

Ajang Keroncong Festival 2022, Keroncong Sawahlunto Sukses

SUKSES—Grup musik keroncong asal Sawahlunto saat menerima piagam karena sukses sebagai salah satu penampil pada Ajang Solo Keroncong Festival 2022.

SAWAHLUNTO, METRO–Penampilan grup musik keroncong asal Sawahlunto sukses sebagai salah satu penampil pada Ajang Solo Keroncong Festival 2022. Grup musik yang bernama Orkes Keroncong Buana Lestari tersebut digawangi oleh Purwoko.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman Kota Sawahlunto Syukri pada Senin 25 Juli 2022 menyampaikan Orkes Buana Lestari tampil istimewa karena pada momen ‘prime time’ di hadapan para tamu VVIP yang diantaranya adalah Menteri Ko­perasi dan UKM RI Teten Masduki.

“Solo Keroncong Festival berlangsung sejak 23 sampai 25 Juli 2022, untuk penampilan dari Orkes Buana Lestari Sawahlunto itu berlangsung pada Minggu 24 Juli 2022 di Pame­dan Pura Mangkunegaran Solo. Empat lagu yang dibawakan Orkes Buana Lestari yakni Nasib Sawahlunto, Bugih Lamo, Gasiang Tangkurak dan Tanjung Perak,” kata Syukri.

Syukri menyebut Wali Kota Sawahlunto Deri Asta mendukung penampilan tersebut dengan ha­dir menonton langsung kemudian se­telah itu menjamu Orkes Keroncong Buana Lestari makan malam yang disambung dengan berdialog tentang pengelolaan dan pengembangan seni musik keroncong di Sawahlunto.

“Dalam pertemuan itu,  Walikota menangkap adanya potensi Sawahlunto menjadi penyelenggara iven musik keroncong. Jadi beliau mulai membahas bagaimana persiapan Sawahlunto bisa meng­gelar ajang tersebut,” kata Syukri.

Syukri menyebut Walikota Sa­wahlunto Deri Asta kemudian pada kesempatan Solo Keroncong Festival 2022 itu mengundang Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka untuk datang ke Kota Sawahlunto.

Ketua Orkes Keroncong Buana Lestari Sawahlunto Purwoko me­ngatakan pihaknya bersyukur dan bangga memperoleh kesempatan tampil dalam Solo Keroncong Festival 2022. “Alhamdulillah penam­pilan kita tadi sukses tidak ada kendala dan respon dari penonton juga begitu luar biasa mengapresiasi. Niat kita ini tidak hanya soal penampilan, namun juga bagaimana penampilan ini turut berkontribusi mempromosikan pariwisata dan budaya Kota Sawahlunto,” kata Purwoko.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta mengapresiasi Orkes Buana Lestari yang dipercaya panitia Solo Keroncong Festival 2022 menjadi salah satu penampil. “Selamat kepada Orkes Buana Lestari, ini menunjukkan secara nasional sudah diketahui dan diakui sehingga panitia dari Solo percaya me­ngundang mereka untuk tampil. Pemko Sawahlunto mengapresiasi dan terus mendukung Orkes Buana Lestari maupun kelompok seni lainnya melalui beberapa program,” kata Deri.

Dikutip dari keterangan Pimpinan Produksi Solo Keroncong Festival 2022 Turah Hananto menyampaikan iven itu menampilkan musik keroncong yang bercampur padu/fusion dengan genre musik popular lainnya diantaranya pop, campursari, jazz dengan menampilkan 11 Grup Orkes Keroncong Nasio­nal dan Internasional serta dimeriahkan oleh bintang tamu : Jaya Suprana, Waldjinah, Dewi Gita, Putri Ayu, Abah Lala, Kukuh Prasetya Kudamai, Trisum (Dewa Budjana, Tohpati, Balawan), Trio Suara Pa­mora (Singgih Sanjaya, Bambang Heri, Robertus Grassianus), Yan Vellia, Whawin Laura, Elizabeth Sudira, Ardha, Voca Erudita UNS dan Esti Sundari.

Rangkaian acara Solo Keroncong Festival 2022 dimulai dengan Pra Event Workshop Keroncong oleh Komunitas Keroncong Muda Surakarta pada tanggal 23 Juli 2022 yang akan memberikan edukasi mengenai musik keroncong.(pin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top