Menu

Air Terjun Lembah Anai “Mengamuk” Kendaraan Takut Melintas

  Dibaca : 2379 kali
Air Terjun Lembah Anai “Mengamuk” Kendaraan Takut Melintas
PUTUS TOTAL— Luapan air terjun Lembah Anai, Tanahdatar membuat banjir yang cukup deras di kawasan tersebut. Sementara satu jembatan putus di Kayutanam, Padangpariaman mengakibatkan putus totalnya jalan Padang-Bukittinggi.

PADANGPANJANG, METRO – Air terjun Lembah Anai meluap hingga mengakibatkan putusnya arus lalu lintas di kawasan objek wisata itu. “Mengamuknya” air terjun terjadi karena tingginya debit air yang disebabkan hujan lebat yang mengguyur dua daerah, Padangpanjang-Kabupaten Tanahdatar, Senin (10/12) sekitar pukul 16.00 WIB.

Meski tidak sampai merusak kondisi fisik jembatan di kawasan Lembah Anai, namun tampak tak satupun kendaraan yang berani melintas. Hal itu dikarenakan selain derasnya arus, kondisi air kecokelatan, dikhawatirkan disertai bebatuan dan potongan kayu yang dapat merusak kendaraan yang melintas.

Terlihat sejumlah kendaraan yang memaksakan melaju harus berhati-hati dan pelan-pelan. Karena, hujan yang lebat mengakibatkan luapan air meluap sangat deras. Bahkan, pengendara motor ada yang sempat terjatuh, dan terpaksa berhenti menunggu hujan reda.

Seperti diungkapkan beberapa pengemudi yang memilih menunggu debit air menurun. Mereka mengaku tidak berani memaksakan dan mengambil risiko untuk melintas meski tampak dangkal.

Seperti diungkapkan Domasani (40) salah seorang pengendara hanya berharap kondisi air terjun Lembah Anai menurun hingga bisa dilewati. “Kami sekeluarga memilih untuk beristirahat di sini sembari menunggu hujan reda. Mudah-mudahan meredanya hujan juga menyusutnya arus air terjun Lembah Anai,” katanya.

Melihat situasinya, katanya, air tidak sebesar beberapa tahun lalu. Namun karena warnanya gelap, dikhawatirkan adanya ranting atau patahan kayu serta batu yang terbawa air bisa merusak kendaraan. ”Biarlah lambat dari pada menanggung kerugian karena tidak bersabar,” ujar Domasani yang terjebak antrean kendaraan di lokasi saat hujan masih lebat.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Padangpanjang Iptu Mendrova ketika dihubungi wartawan menyebutkan, luapan air Lembah Anai meluap dan menghambat arus lalu lintas dari arah Padang-Padangpanjang maupun sebaliknya.

“Kendaraan tidak bisa melintasi Air Terjun Lembah Anai, karena luapan air yang cukup besar dan menyebabkan antrian kendaraan,” sebut Mendrova.

Meskipun hujan sudah reda, sekitar pukul 19.00 WIB, tetapi arus kendaraan juga belum lancar dan harus menunggu hingga air menyusut. “Diperkirakan, luapan air akan berlangsung cukup sepanjang malam ini. Namun, jika curah hujan mulai reda berkemungkinan arus air terjun juga akan mulai susut. Cuara buruk, kita imbau juga pada pengendara untuk meningkatkan kewaspadaan saat melintas di Kawasan Lembah Anai,” katanya.

Selain air terjun meluap, lanjutnya, di sejumlah titik kawasan lembah anai, Jalan Raya Padangpanjang-Padang, arus lalin juga lumpuh. Pasalnya, tumbangnya sejumlah pohon.

”Karena putusnya jembatan di Kayutanam, maka jalur Padang-Bukittinggi tidak bisa dilewati. Saat ini petugas masih melakukan penutupan jalan,” ungkap Mendrova. (rmd)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional