Menu

Agrowisata Sariak Ateh segera Dilaunching, Puluhan Petani Goro Melakukan Persiapan

  Dibaca : 101 kali
Agrowisata Sariak Ateh segera Dilaunching, Puluhan Petani Goro Melakukan Persiapan
PELUNCURAN— Agrowisata Sariak Ateh segera dilaunching pekan depan di Nagari Sariak, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam.

AGAM, METRO–Puluhan petani di Jo­rong Sariak Ateh, Nagari Sariak, Kecamatan Sungai Pua, Kabupaten Agam, gelar gotong royong (Go­ro) dalam memper­siap­kan pe­laun­chingan (pe­lun­cu­ran-red) Agrowisata, Se­lasa (27/7). Goro yang difo­kus­kan kepada persiapan lo­kasi acara ini, juga di­hadiri Camat Sungai Pua, Syaf­rizal sekaligus me­nyiangi lahan pertanian masya­rakat di kawasan itu.

Syafrizal mengatakan, pelaunchingan Agrowisata Sariak Ateh ini sebelumnya dijadwalkan 29 Juli 2021, karena ada sedikit kendala maka diundur jadi 2 Agus­tus 2021. “Rencananya ke­giatan itu juga akan dihadiri Wakil Gubernur Sumbar dan Bupati Agam,” ujar Syafrizal.

Dengan begitu, petani yang berada di kawasan Agrowisata ini, tengah mem­persiapkan segala sesuatunya untuk men­dukung kelancaran acara, sekaligus peresmian mu­shalla yang dibangun se­cara pribadi oleh tokoh masyarakat di kawasan tersebut. “Tak tanggung-tanggung, warga juga akan melakukan penyem­beli­han satu ekor sapi untuk memeriahkan launching Agrowisata Sariak Ateh itu,” sebut Syafrizal.

Camat menjelaskan, lahan di kawasan Agro­wisata ini terdapat sekitar 50 hektare, dengan be­ragam tanaman yakni bu­ah-buahan, aneka sayuran seperti wortel, tomat, ca­bai, bawang daun, salada dan lainnya.

Dari luas lahan itu, kata­nya, sekitar 6 hektare di­tanami jeruk dan lebih kurang 2,5 hektarnya sudah siap panen. Di lokasi, p­e­ngun­jung selain bisa petik jeruk, juga akan diberikan edukasi pertanian.

“Keberadaan Agro­wi­sata ini nanti akan jadi pendorong dalam perge­rakan ekonomi masya­rakat. Apalagi didukung dengan pemandangan yang bagus untuk menarik orang berkunjung,”ujar Syafrizal.

Agrowisata Sariak Ateh ini lokasinya sangat stra­tegis, dengan memiliki pemadangan yang akan memanjakan mata pe­ngun­jung. Selain dapat melihat hamparan lahan pertanian, juga terlihat gunung Merapi, Sing­ga­lang dan Kota Bukittinggi. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional