Close

Agar Tertib Administrasi, 140 Pengurus PKK di Sijunjung Ikuti Bimtek

NARASUMBER—Ketua TP-PKK Sijunjung, Ny Riri Benny Dwifa, Wakil Ketua TP-PKK Ny.Donna Iraddatillah menjadi narasumber pada kegiatan Bimtek Administrasi di Balairung Kantor Bupati.

SIJUNJUNNG, METRO–Sebanyak 140 orang Tim Penggerak PPK se-Kabupaten Sijunjung, yang terdiri dari Ketua, Sekretaris dan pengurus Kecamatan dan Nagari  mengikuti bimbingan teknis administrasi di Balairung Kantor Bupati setempat, Jumat, 18 November 2022. Kegiatan tersebut dibuka Bupati Sijunjung yang diwakili Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN), Joni Antonius.

Dalam arahannya, Joni mengatakan dengan dilaksanakannya Bimbingan Teknis pengurus TP-PKK ini akan memberikan pemahaman dalam rangka menguatkan fungsi dan peran dari tim penggerak TP-PKK di kecamatan dan nagari dalam membangun dan mendukung pelaksanaan program pemerintah daerah. Selain itu itu memotivasi pengurus dalam melakukan pembinaan serta mampu menjawab berbagai tantangan, permasalahan, dan isu strategis yang ada di Kabupaten Sijunjung.

Dikatakan Joni, Dalam menyikapi berbagai permasalahan sosial, isu nasional dan isu strategis daerah yang terjadi saat ini, seperti Inflasi, tingginya kasus LGBT dan angka stunting, permasalahan kemiskinan serta Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Sijunjung yang masih diperingkat 17 dari 19 Kabupaten Kota se Sumatera Barat.

Untuk itu diperlukan peran aktif dari semua pihak dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut termasuk peran aktif dari PKK. Memanfaatkan dengan sebaik-baiknya bimbingan teknis ini demi kemajuan dalam mensejahterakan keluarga. “Saya berharap, bimtek ini dapat meningkatkan pengetahuan dan mewujudkan keluarga yang sejahtera,” katanya.

Sementara itu Kabid Pemberdayaan Ma­syara­kat, Maghlena dalam laporannya mengatakan Ke­giatan itu guna meningkatkan pengetahuan dan wawasan para kader PKK sampai ke tingkat Nagari.

Selain itu juga untuk meningkatkan wawasan dan kapasitas pengurus menuju tertib administrasi. “Perlunya peningkatan pengetahuan, wawasan dan keterampilan dalam mengelola administrasi PKK, baik itu administrasi umum maupun administrasi keuangan, merupakan langkah awal dalam pelaksanaan 10 Program pokok PKK,”tambahnya.

Dengan adanya tertib administrasi PKK tersebut merupakan bahan untuk mengetahui perkembangan program dan kegiatan yang telah dilaksanakan, serta tetap akuratnya pendataan. Pada kesempatan itu Ketua TP-PKK Sijunjung, Ny Riri Benny Dwifa di dampingi Wakil Ketua TP-PKK Ny.Donna Iraddatillah menjadi narasumber pada kegiatan tersebut.

Adapun materi yang disampaikan ialah”gerakan PKK melalui implementasi 10 progran pokok PKK. Kemudian dari TP-PKK Provinsi dan dari Dinas DPMN juga menjadi narasumber pada kegiatan tersebut. Turut dihadiri Kepala OPD terkait, Camat Se-Kabupaten Sijunjung, dan undangan lainnya. (ndo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top