Menu

Agar Bisa Jadi Rujukan, Gubernur Sumbar Dorong RSUD di Perbatasan Provinsi ”Naik Kelas”

  Dibaca : 65 kali
Agar Bisa Jadi Rujukan, Gubernur Sumbar Dorong RSUD di Perbatasan Provinsi ”Naik Kelas”
BANTUAN OKSIGEN KONSENTRATOR— Gubernur Sumbar Mahyeldi melakukan dialog dengan tim medis usai menyerahkan bantuan empat unit oksigen konsentrator pada RSUD Pratama Tapan Kabupaten Pesisir Selatan.

PADANG, METRO–Gubernur Sumbar Mah­yeldi menyerahkan bantuan empat unit ok­sigen konsentrator pada RSUD Pratama Tapan Ka­bu­paten Pesisir Selatan untuk menambah pera­latan dalam upaya pe­nanganan COVID-19. “Ini adalah bantuan dari Pang­lima TNI yang diberikan untuk penanganan CO­VID-19 di Sumbar. Kita distribusikan ke daerah agar penanganan di da­erah semakin baik,” kata Gubernur Sumbar Mah­yeldi saat meninjau RSUD Tapan, Minggu (15/8/).

Ia mengatakan untuk penanganan pasien CO­VID-19 tidak bisa hanya bertumpu pada RS rujukan yang ada di ibukota pro­vinsi di Padang. Usaha penanganan sedapatnya dilakukan di daerah se­hingga pasien tidak ber­tumpuk di Padang.

Agar hal itu bisa terea­lisasi maka dibutuhkan RS yang siap secara SDM te­naga kesehatan dan siap secara peralatan, karena itu Gubernur mendorong agar RS di daerah, apalagi yang terletak di per­batasan provinsi untuk terus me­ningkatkan tipe menjadi lebih baik. “Kalau bisa RS yang diperbatasan ini minimal tipe B sehingga bisa pula menjadi rujukan bagi masyarakat provinsi lain yang tinggal di perbatasan dengan Sumbar,” katanya.

Mahyeldi menyebut ji­ka hal tersebut bisa terea­lisasi maka roda pere­ko­nomian di sekitar RS juga akan bergerak karena ke­luarga pasien yang datang tentu juga membawa uang.

Untuk memperkuat SD­M tenaga kesehatan te­rutama dokter spesialis, gubernur menyarankan agar daerah menyiapkan program untuk membantu dokter umum di RSUD me­ngambil spesialisasi.

“Akan lebih mudah jika dokter spesialisnya adalah putra daerah karena se­mangat membangun kam­pung halaman tentu juga akan besar,” katanya.

Sementara itu Asisten II Setdakab Pesisir Selatan, Mimi Rianty mengucapkan terima kasih atas dukungan provinsi untuk membantu melengkapi peralatan me­dis di RSUD Tapan.

“Kita memang juga ke­ku­rangan dokter spesialis. Mudah-mudahan kendala ini juga dapat dibantu oleh provinsi,” ujarnya.

Dalam penanganan CO­VID-19, Mimi meminta dukungan untuk tam­ba­han obat-obatan. “Surat per­mintaan sudah dila­yang­kan ke Dinas Kese­hatan Provinsi Sumbar,” ujarnya.

Ikut hadir dalam kun­jungan kerja ke RSUD Pra­tama Tapan tersebut Ang­gota DPRD Sumbar Mo­chlasin dan Anggota Ko­misi IV DPRD Pessel Feby Rifli, dan Anggota Komisi III Pessel Pardis serta sejumlah pejabat diling­kungan Pemprov Sumbar, yakni Kepala Dinas Per­tanian, Kepala Finas PU­PR, Kepala Balitbangda, Ke­pala Dinas Kesehatan, K­epala Dinas Peter­nakan dan Kepala Satpol PP.­(fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional