Menu

Agam, Tawarkan Sejuta Pesona Wisata

  Dibaca : 332 kali
Agam, Tawarkan Sejuta Pesona Wisata
Ilustrasi Wisatwawan Mancanegara

Kabupaten Agam menjadi satu dari beberapa destinasi wisata di Sumbar. Hal itu tak perlu diragukan, karena ada puluhan objek wisata yang menarik, yang bisa dinikmati wisatawan di daerahnya Buya HAMKA ini. Berikut adalah beberapa yang patut dikunjungi saat libur Lebaran nanti.

1. Puncak Lawang dan XIII Nan Basa

Puncak Lawang dan XIII Nan Basa di Kecamatan Matur, adalah dua objek wisata yang berada di puncak bukit yang menghadap ke Danau Maninjau. Berada 1.210 m di atas permukaan laut. Pada zaman penjajahan Belanda, objek ini sudah dijadikan sebagai tempat peristirahatan bagi kaum bangsawan Belanda saat itu. Dari sini kita dapat menikmati kawasan Danau Maninjau dan juga Samudra Indonesia.

 

2. Danau Maninjau

Danau Maninjau adalah sebuah danau di Kecamatan Tanjung Raya. Terletak sekitar 140 kilometer sebelah utara Kota Padang, 36 kilometer dari Bukittinggi, 27 kilometer dari Lubukbasung. Merupakan danau vulkanik di ketinggian 461,50 meter di atas permukaan laut. Luas Maninjau sekitar 99,5 km dan memiliki kedalaman maksimum 495 meter.

 

3. Pantai Tiku

Pantai Tiku di Kecamatan Tanjung Mutiara terletak setelah pantai Bandar Mutiara dari Pariaman. Biasanya sering digunakan sebagai tempat acara tahunan yang banyak dikunjungi oleh masyarakat sekitar maupun dari daerah luar.

Pengunjung yang datang biasanya dapat menikmati keindahan pantai dan kemeriahan acara yang diadakan beberapa kali dalam setahun, misalnya perayaan hari Raya Idul Fitri

 

4. Kelok 44

Kelok 44 di Tanjung Raya dapat dijadikan wisata alam yang menarik untuk dinikmati. Karena sepanjang perjalanan, dapat dinikmati keindahan danau dan kera-kera jinak yang berkeliaran sepanjang jalan. Kelok 44 dimulai di kelok 1 dari Danau Maninjau menuju Matur.

 

 

5. Air Terjun Tiga Tingkat

Air Terjun Tiga Tingkat terletak di Jorong Pua Gadih¸ Kecamatan Palupuah. Wisata air terjun ini tengah dikelola untuk dijadikan objek wisata dengan melengkapi berbagai sarana untuk kenyamanan para pengunjung. Letak air terjun tidak jauh dari jalan raya.

 

6. Ngalau Tarang

Ngalau Tarang terletak tidak jauh dari Surau Tuanku Nan Renceh Nagari Kamang Mudiak. Jalan menuju tempat ini pun tidak jauh, hanya 100 meter dari jalan kampung dan sudah bagus. Ngalau ini terbentuk dari batu kapur yang membuat lubangnya terlihat terang. Tinggi mulut Ngalau mencapai 20 meter panjangnya lebih dari 20 meter.

 

7. Ikan Sakti Sei Janih

Wisata ini terletak di Desa Sei. Janiah Kecamatan Baso 13 Km ke Timur Kota Bukittinggi. Di sini, dipelihara ikan yang jinak, namun terlarang untuk dikonsumsi.

 

8. Gunung Merapi

Gunung Merapi di Sungai Puar, yang juga dikenal sebagai Merapi atau Berapi memiliki ketinggian 2891,3 m dari permukaan air laut. Sebagai salah satu gunung yang paling aktif di Sumatera, Merapi sudah sering meletus. Terhitung sejak akhir abad 18 hingga 2008 tercatat kira-kira sudah 454 kali melatus, 50 di antaranya dalam skala besar, sedangkan sisanya dalam skala kecil dengan mengeluarkan abu belerang. (*)

 

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional