Menu

Agam Daerah Ketiga di Indonesia, MAN Kejuruan akan Dibangun di Tiku V Jorong

  Dibaca : 171 kali
Agam Daerah Ketiga di Indonesia, MAN Kejuruan akan Dibangun di Tiku V Jorong
BANGUN MAN KEJURUAN— Direktur KSKK Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Dr A Umar, beserta rombongan meninjau rencana pembuatan pembangunan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kejuruan.

AGAM, METRO
Direktur KSKK Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Dr A Umar, beserta rombongan meninjau rencana pembuatan pembangunan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kejuruan di Muaro Putuih, Nagari Tiku V Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam, Kamis (10/9).

Kedatangan rombongan didampingi Kakanwil Provinsi Sumbar, Hendri, disambut antusias Bupati Agam diwakili Sekda Drs. H. Martiaswanto dan beberapa Kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Agam.

Kegiatan itu, ditandai dengan penandatanganan penyerahan tanah lokasi pembangunan MAN Kejuruan, antara pewakaf tanah yang diwakili Agusmaini dengan Sekda Agam, Kakanwil Kemenag Sumbar dan Direktur KSKK.

Sebelum kegiatan seremoni berlangsung di Hall Badminton, rombongan bersilahturahim terlebih dahulu ke rumah Abdul Muis, Dt. Bandaharo yang merupakan tokoh masyarakat Tiku V Jorong yang bersedia mewakafkan tanahnya seluas 10 hektar.

Abdul Muis, Dt. Bandaharo merupakan salah satu sesepuh di Tiku V Jorong yang bersedia mewakafkan tanahnya untuk pembangunan MAN Kejuruan tersebut.

Tokoh masyarakat, Agusmaini Sidi Bandaro menyatakan, dengan segala potensi di Tiku V Jorong, masyarakat siap menanti keberadaan sekolah tersebut. ”Kita memiliki wilayah yang cukup luas, letak geografis yang memadai serta kesiapan dan dukungan masyarakat dalam menyambut pembangunan MAN Kejuruan,” ujarnya.

Dijelaskannya, perencanaan pembangunan ini juga sudah didukung oleh beberapa perusahaan kelapa sawit di Tiku V Jorong. ”Oleh sebab itu, besar harapan kami untuk dibangunnya sekolah berbasis Agama dan kejuruan di sini,” harapnya.

Sekda Agam Drs. H. Martias wanto, mengucapkan apresiasi dan terimakasihnya kepada Kementerian Agama dan Kakanwil Kemenag Sumbar atas dipilihnya Kabupaten Agam untuk mendirikan sekolah MAN Kejuruan.

”Kalau jadi putiak manjadi buah, maka kita daerah ke-tiga yang memiliki MAN Kejuruan di Indonesia,” ujarnya.

Sekda menjelaskan, selanjutnya akan dilakukan pengajuan SK kepada pemerintah pusat. “Karena, status legalnya milik pemerintah,” ujar sekda.

Kakanwil Kemenag Sumbar, Hendri, mengucapkan terima kasih atas kesediaan Pemkab Agam dan tokoh masyarakat yang sudah bersedia mewakafkan tanahnya untuk pembangunan MAN Kejuruan. ”Jurusan yang akan kita usulkan adalah kelautan, perikanan, perkebunan dan kejuruan ABS-SBK. Karena, potensi ke-empat kejuruan ini dimiliki anak nagari Tiku V Jorong,” ulasnya.

Menurutnya, kelebihan dibanding sekolah kejuruan lainnya seperti SMK adalah mata pelajaran agamanya lebih dominan. ”Saya yakin dan optimis ini bisa diwujudkan karena melihat partisipasi dan dukungan semua pihak,” jelas Hendri.

Sementara itu, Dirut KSKK Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Dr. A. Umar, mengapresiasi semangat masyarakat Agam khususnya Tiku V Jorong untuk membangun MAN Kejuruan. ”Insya Allah, kalau jadi secara resmi ini merupakan MAN Kejuruan ke-tiga yang ada di Indonesia,” jelasnya.

Sebagai wujud bahwa Agam peduli terhadap pendidikan agama, maka pihaknya akan berusaha secepat mungkin untuk membuat madrasah.

Tentu butuh proses yang cukup panjang agar tidak menjadi permasalahan hukum dikemudian hari. ”Untuk anggarannya belum bisa dipastikan berapanya jumlahnya. Yang terpenting dahulu sarana dasarnya dibangun, agar segera direalisasikan pada Juli 2021 mendatang,” katanya.

Terkait hal itu, ia menyarankan agar pemberian nama MAN Kejuruan diberi nama daerah yang lingkungannya lebih besar, sehingga keberadaannya akan mudah diakses dan dikenal. Seperti MAN Kejuruan Agam. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional