Close

Aerox dan Lexi Muncul Kode Error 12, Cek Bagian Spul

KODE ERROR-Muncul kode Error 12 di panel instrumen Yamaha Aerox 155 dan Lexi.

PADANG, METRO–Kalian yang menggunakan Yamaha Aerox 155 atau Lexi yang sudah berumur dan muncuk kode error 12 di panel instrumen, coba cek bagian ini. Kode error yang muncul di panel instrumen motor injeksi memberi sinyal kalau terjadi malfungsi di salah satu bagian motor.

Pada saat kode error 12 muncul di panel instrumen Yamaha Aerox 155 atau Lexi, biasanya motor jadi enggak bisa dinyalakan. Nah, untuk memastikan penyebab hal ini, berikut penjelasan langsung salah satu mekanik dari bengkel resmi Yamaha.

“Kode error 12 muncul berarti ada masalah di Crank Position Sensor, indikasi adanya malfungsi di bagian elektrikal, tepatnya dari spul motor,” terang Adih, Service Advisor Yamaha Mekar Motor Bintaro, Jakarta Selatan.

Makanya, saat kode error 12 muncul, kalian bisa lakukan fokus pengecekan ke komponen di dekan area Crank Position Sensor. Menurut Adih, penyebab munculnya error 12 paling sering ternyata karena terjadinya arus pendek akibat bagian soket spul kemasukan air sehingga hangus terbakar.

Penyebab arus pendek ini bukan cuma karena adanya modifikasi di sektor kelistrikan, hal ini bisa dijumpai juga pada motor kondisi standar.

“Bisa karena terjadinya arus pendek akibat bagian soket spul kemasukan air sehingga hangus terbakar.  Kalau bermasalah, makanya motor bisa mendadak mogok pada saat digunakan dan enggak bisa distarter,” ucapnya.

Untuk mengatasinya, bengkel resmi dikatakanya, menyarankan untuk melakukan modifikasi kabel atau soket yang terbakar karena masalah tersebut berisiko kambuh lagi.

“Solusinya bisa ganti spul assy pakai milik Aerox 155 Connected, plug and play dan dijamin ampuh mengatasi kerror tersebut. Jadi cek bagian itu jika motor Yamaha Aerox 155 atau Lexi kalian alami kode error 12,” tutupnya. (rg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top