Menu

Ada Hal Baru di Usia 1 Tahun MPP Payakumbuh, Smart Feedback, Parkir Disabilitas hingga Ruang Tunggu Eksekutif

  Dibaca : 731 kali
Ada Hal Baru di Usia 1 Tahun MPP Payakumbuh, Smart Feedback, Parkir Disabilitas hingga Ruang Tunggu Eksekutif
Harmayunis

POLIKO, METRO
17 Desember 2020 bukan hanya menjadi hari bersejarah bagi Kota Payakumbuh yang telah genap berusia 50 tahun. Usia emas Kota Payakumbuh tersebut juga menjadi penanda kalau Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Payakumbuh juga telah berusia 1 tahun sejak disoft launching pada 17 Desember 2019 lalu oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara melalui Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah I Noviana Andrina, SH, M.AP serta diklaim terbaik di Sumatera Barat.

Pelayanan yang ada di MPP Kota Payakumbuh menjadi Primadona bagi masyarakat, ini adalah bentuk formulasi baru dari Pemerintah Kota Payakumbuh bagaimana memberikan pelayanan kepada masyarakat tanpa harus memakan waktu banyak, inilah yang diharapkan oleh Wali Kota Riza Falepi untuk tidak hanya memberi kepuasan, namun juga membahagiakan masyarakat.

Dalam perjalanannya menuju 1 tahun itu, dibawah naungan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), MPP Payakumbuh telah melalui banyak hal. Disini beberapa instansi vertikal terfasilitasi dengan baik oleh Pemerintah Kota Payakumbuh, mereka turut ikut memberikan layanan dalam satu lokasi bersama perangkat daerah milik pemko.

Direncanakan, MPP Payakumbuh bakal menjadi role model oleh KemenPAN-RB untuk Wilayah 1 Sumatera Barat. Mengingat MPP Payakumbuh mampu beroperasi dengan budget terbatas, namun sudah menghasilkan pelayanan yang komprehensif.

“Hal ini tentu berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan oleh kementerian, beberapa kota/kabupaten di Sumatera Barat akan mengikuti jejak Padang, Payakumbuh, dan Bukittinggi untuk mempersiapkan MPP mereka,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Payakumbuh Harmayunis didampingi Kabid Pelayanan Terpadu Agus Tri Susatya, Kamis (17/12).

SmartFeedback atau Aplikasi Indeks Kepuasan Masyarakat, adalah aplikasi yang digunakan untuk mengetahui dan mengukur tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan oleh instansi. Indeks Kepuasan Masyarakat (SmartFeedback) digunakan sebagai tolok ukur dari kualitas pelayanan apakah sudah memenuhi standar pelayanan minimal yang telah disyaratkan oleh pemerintah.

“Kepuasan masyarakat dapat diketahui dengan melihat kualitas pelayanan dari 9 indikator yang telah ditentukan KemenPAN-RB, saat ini sudah kita luncurkan karena ini bagian penting, apa lah arti memberi pelayanan tanpa mengetahui bagaimana tingkat kepuasan warga kita yang sudah dilayani,” kata Harmayunis.

Selain itu disampaikan Hermayunis, Pemerintah Kota Payakumbuh, menyiapkan jalur khusus dan petugas untuk membantu warga disabilitas mendapatkan pelayanan di Mal Pelayanan Publik (MPP). Salahsatunya akan menyiapkan satu tempat parkir untuk warga disabilitas yang berdekatan dengan pintu akses utama MPP, ini merupakan bentuk perhatian pemerintah setempat agar mereka yang berkebutuhan khusus juga mendapatkan pelayanan secara optimal, sama dengan warga lainnya.

“Kita juga telah menyiapkan kursi roda dan toilet khusus. Untuk kursi roda juga dapat dimanfaatkan oleh warga lanjut usia,” kata Harmayunis.

Di awal buka MPP dulu, sempat masyarakat masih canggung saat mereka mendapatkan pelayanan seperti di hotel, mall, maupun instansi sekelas kementerian, karena memang petugas disini dibantu dilatih oleh Bank milik daerah. Bank Nagari membantu melatih mereka untuk di training sebagai petugas pelayanan bak petugas profesional.

Area Tunggu Eksekutif
Di pojok kanan setelah pintu masuk MPP, disediakan area tunggu eksekutif, dimana disini disiapkan bagi tamu dari jauh seperti pejabat kementerian, pejabat provinsi, ataupun kepala daerah lain yang berkunjung ke MPP Payakumbuh. Pojok itu disediakan bahan bacaan bagi tamu, selain itu mereka bisa memesan minuman atau kopi dari Paliko Cafee yang berada di pojok kiri setelah pintu masuk MPP sembari menunggu dan bersantai. (us)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional