Close

Abu Vulkanis Letusan Gunung Kerinci Jatuh ke Solok Selatan

ERUSPI—Gunung Kerinci yang berada di wilayah Jambi dan Sumatera Barat kembali erupsi dengan menyemburkan abu vulkanis setinggi 600 meter.

SOLOK SELATAN, METRO–Sebagian besar abu vulkanis letusan Gunung Kerinci jatuh  ke Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar). Hal itu dinyatakan Penanggung Jawab Pusat Informasi R10 Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), Maryono.

“Saat kami melakukan pengumpulan bukti dan keterangan pada 13 Januari, kami menemukan banyak abu vulkanis di Solok Selatan, Provinsi Sumbar,” katanya baru baru ini.

Pengumpulan bukti dan keterangan saat itu dilakukan di Desa Telun Berasap, Kerinci, Jambi dan Kubang Gajah, serta daerah Sungai Garam, Kabupaten Solok Selatan.

Saat pengumpulan bukti dan keterangan pada 13 Januari itu, katanya menambahkan abu vulkanis menutupi pertanian, rumah warga di daerah Letter W, Solok Selatan. Selain itu juga ditemukan abu vulkanis yang jatuh ke sungai di daerah Kerinci.

Ia mengatakan, beberapa kali kolom abu erupsi gunung yang berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat itu mengarah ke bagian barat, namun hingga pekan lalu tidak ada laporan dari ma­syarakat Kabupaten Kerinci adanya guguran abu vulkanis.

“Memang kolom abu me­ngarah ke barat, mungkin di ketinggian tertentu arah angin mengarah ke Sumatera Barat sehingga tidak jatuh di Kerinci,” katanya.

Ia mengaku kesulitan meminta keterangan warga selama melakukan pengumpulan bukti dan keterangan. “Warga yang kami temui di ladang bilang itu sudah biasa pak. Bahwa ketika difoto untuk bukti mereka mengelak,” ujarnya.

Ia mengimbau warga yang terdampak erupsi Gunung Kerinci bisa memberikan keterangan yang sebenarnya karena berguna bagi pemerintah dalam mengambil kebijakan. “Memang warga yang kami temui sebagian besar sedang di ladang,” katanya.

Sementara saat pengumpulan bukti dan keterangan pada Senin (16/1) lalu, katanya banyak ditemukan abu vulkanis erupsi Gunung Kerinci yang terbawa arus sungai dan me­ngendap di hulu Sungai Kering, Desa Bengkolan, Kabupaten Kerinci.

“Dua hari yang lalu di sini hujan, jadi abu vulkanis yang terbawa oleh arus sungai,” katanya.

Pengumpulan bukti dan keterangan hari ini, katanya terpaksa dihentikan karena hujan.

Sementara Wali Nagari Persiapan Lubuk Gadang Tenggara, Kabupaten Solok Selatan Sahrizal mengatakan tiga jorong di wi­layahnya terdampak abu vulkanis Gunung Kerinci, yakni Letter W, Teluk Air Putih, dan Lubuk Rasak.

“Masyarakat Letter W kemarin masih melaporkan adanya guguran abu vulkanis Gunung Kerinci,” katanya.

Dikatakan, beberapa hari ini daerahnya diguyur hujan sehingga dampak abu vulkanis tidak begitu terasa. “Alhamdulillah beberapa hari ini hujan jadi abu-abu yang menempel di atap, tanaman hilang,” ujarnya.

Hingga dua minggu lalu, belum menerima laporan warga yang mengeluh ka­rena mengalami gangguan kesehatan akibat abu vulkanis. “Belum ada keluhan dan laporan soal gangguan kesehatan,” ujarnya. (*/ade)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top