Close

Abrasi, Puluhan KK di Sungai Pisang Mengungsi

TINJAU DAMPAK ABRASI— Wako Padang, Mahyeldi Ansharullah meninjau dampak abrasi pantai di Kelurahan Sungai Pisang, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kamis (28/5).

BUNGUS, METRO
Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah meninjau dampak abrasi pantai yang menghantam puluhan rumah di Kelurahan Sungai Pisang, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kamis (28/5).

Abrasi pantai yang menghantam Kelurahan Sungai Pisang tersebut terjadi sejak 8 Mei lalu. Sedikitnya 53 rumah terdampak dan menyeret 7 dapur warga ke tengah laut.

Akibatnya peristiwa itu, menyebabkan kerugian ratusan juta rupiah. Puluhan kepala keluarga (KK) yang berada di sekitar pantai tersebut terpaksa diungsikan untuk menghindari hal-hal yang tidak diingini terjadi.

Atas musibah tersebut wako bersama dinas terkait meninjau lokasi abrasi pantai. Sebab mereka terpaksa diungsikan ke rumah nelayan lainnya yang dianggap lebih aman.

Adapun untuk penataan pemukiman masyarakat nelayan di kawasan tersebut, menurut Mahyeldi, sudah ada perumahan nelayan yang menampung mereka. Sehingga nantinya warga tidak lagi terancam abrasi dan penataan kawasan pantai Sungai Pisang lebih mudah.

“Dengan menempati perumahan yang disediakan, warga tidak terancam abrasi dan kawasan ini lebih mudah ditata. Sudah ada 58 rumah yang disediakan. Berjarak 800 meter dari lokasi pantai,” katanya.

Seperti diketahui, beberapa hari sebelumnya kawasan pantai Sungai Pisang dan pantai lainnya di Kota Padang dilanda abrasi. Dampak yang ditimbulkan abrasi mengakibatkan 53 rumah terendam dan 7 bagian dapur rumah terseret ombak di Sungai Pisang.

“Dinas Sosial sudah mengatasi hal ini dengan membantu kebutuhan dasar warga yang terdampak,” ujarnya. (tin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top