Menu

85 Warga Digigit Anjing dan Kucing Liar di Kota Padang, Antisipasi Rabies, Hewan Peliharaan harus Divaksin

  Dibaca : 72 kali
85 Warga Digigit Anjing dan Kucing Liar di Kota Padang, Antisipasi Rabies, Hewan Peliharaan harus Divaksin
Syahrial Kamat Kepala Dinas Pertanian Kota Padang.

LUBUK MINTURUN, METRO–Keberadaan anjing dan kucing liar di Kota Padang masih meng­kha­watirkan. Data dari Dinas Per­tanian Kota Padang mengung­kap­kan, jumlah laporan warga yang kena gigit anjing dan kucing liar men­capai 85 kasus.

Angka itu dihimpun sejak Januari 2021 hingga saat ini. Korban digigit anjing dan kucing, namun kucing he­wan­nya menghilang. “Arti­nya, yang menggigit itu hewan liar sehingga ter­hadap korban perlu diberi tindakan antisipasi ke­mung­­kinan terjangkiti rabies,” kata Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Syahrial Kamat didampingi Kabid Kesehatan Dewan, dr Sovia, Kamis (1/9).

Ia menghimbau agar masyarakat dengan kesa­da­raannya sendiri mem­vak­sin anjing dan kucing peliharannya. Rabies atau penyakit anjing gila meru­pakan penyakit menular akut yang me­nyerang su­sunan saraf pusat pada ma­nusia dan hewan ber­darah panas yang disebab­kan oleh virus rabies, ditu­larkan melalui saliva (an­jing, ku­cing, kera) yang kena rabies dengan jalan gigitan atau melalui luka terbuka.

Untuk mengurangi po­tensi penularan rabies dari anjing dan kucing, Dinas Pertanian telah melakukan vaksinasi sebanyak 500 dosis beberapa waktu lalu di kawasan GOR Agus Salim Padang. Dalam wak­tu dekat juga akan diada­kan lagi vaksinasi rabies dari dana pokir salah se­orang anggota DPRD Pa­dang, Amran Tono seba­nyak 2.500 dosis.

“Rencananya diadakan di kawasan Lubuk Bega­lung. Nanti jadwalnya kami berikan. Jadi bagi warga  yang punya kucing dan anjing peliharaan bisa men­dapat vaksin anti rabies nanti,” kata Kabid Ke­sehatan Hewan dr. So­via.

Vaksinasi massal ini da­lam rangka membangun ko­­mitmen stakeholder yang ada, untuk membuat ke­sepakatan  mem­bebas­kan Kota Padang dari rabies. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional