Close

84,5 Km Drainase Dikeruk untuk Cegah Banjir

KERUK SEDIMEN— Petugas dari Dinas PUPR Kota Padang melakukan pengerukan sedimen saluran drainase primer di Kampung Nias.

UJUNG GURUN, METRO
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Padang terus melakukan upaya dalam hal pencegahan terjadinya genangan air dan banjir di Kota Padang. Adapun upaya yang dilakukan tersebut yakni melakukan pembangunan drainase, rehabilitasi drainase dan pengerukan drainase.

Kepala Dinas PUPR Kota Padang, Yenni Yuliza, mengatakan sepanjang tahun 2019 hingga 2020, OPD tersebut melalui Bidang Sumber Daya Air telah melakukan pembangunan drainase sepanjang 8,90 kilometer. Diantara, pembangunan drainase tersebut yakni drainase Aru Lubuk Begalung, Kecamatan Lubuk Begalung.

Selanjutnya terang Yenni, merehabilitasi drainase sepanjang 16,68 kilometer. Lokasinya diantaranya di Jalan Teuku Umar (Alai), Jalan Bhayangkara Lubuk Buaya. Lalu pengerukan drainase sepanjang 84,50 kilometer. “Pengerukan tersebut di antaranya di saluran primer Bandar Purus dan saluran sekunder Belakang Lintas,” tandas Yenni,

Ia menjelaskan, pengerukan ini berfungsi untuk mengangkat tumpukan sampah yang menyumbat drainase. Kegiatan ini rutin dilakukan guna memperlancar aliran air. “Itulah upaya-upaya yang kita lakukan dalam mengatasi banjir atau genangan air di Kota Padang. Semoga dengan upaya itu, Kota Padang bisa bebas dari banjir ketika terjadi hujan lebat,” harap Yenni.

Yenni mengimbau kepada masyarakat agar selalu menjaga drainase. Kemudian, ia mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah ke drainase. (tin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top