Menu

8 Titik Intake Perumda Air Minum Padang Rusak Diterjang Banjir, Petugas sedang Lakukan Perbaikan, Pelanggan Diharapkan Bersabar

  Dibaca : 124 kali
8 Titik Intake Perumda Air Minum Padang Rusak Diterjang Banjir, Petugas sedang Lakukan Perbaikan, Pelanggan Diharapkan Bersabar
RUSAK— Kondisi kerusakan intake Perumda Air Minum Kota Padang akibat terjangan banjir.

PADANG, METRO–Akibat hujan lebat yang melanda Kota Padang sejak Rabu  sore hingga malam (18/8) telah menim­bulkan banjir di mana-mana. Dampak dari bencana itu, sebanyak delapan titik intake milik Perumda Air Minum Kota Padang me­nga­lami kerusakan diter­jang banjir, bahkan salah satu intake tak bisa ber­operasi sama sekali karena pipanya hilang terseret air.

Musibah yang dialami Perumda Air Minum Kota Padang ini diungkapkan langsung oleh Dirut Pe­rumda Air Minum Padang, Hendra Pebrizal kamis (19/8) pagi. Ia meminta maaf kepada pelanggan pe­rum­da Air Minum yang menga­lami ganggungan pasokan air bersih. Setidaknya ada 45 ribu pelanggan yang  terdampak. Mereka ada di tiga kecamatan, yakni, Ku­ranji, Koto Tangah dan Nang­galo.

Hingga kemarin tim teknis Perumda masih ber­upaya melakukan perbai­kan di lokasi intake yang rusak. Dari 8 titik tersebut, kerusakan terparah terjadi di intake panukahan. Yang mana, hingga pagi kemarin belum bisa diperbaiki ka­rena debit air masih sangat besar. Selain itu, sebanyak 16 batang pipa hanyut diterjang air. Padahal, intake tersebut merupakan intake berkapasitas besar.

“Dari subuh, tim kita sudah bekerja di lapangan guna melakukan pem­bersi­han pada intake yang keru­sakannya ringan. Kita ber­sihkan dulu lumpurnya, lalu kita perbaiki kerusakan yang terjadi. Namun untuk intake panukahan, me­mang butuh waktu lama, karena kerusakannya pa­rah dan mati total,” ujar Hen­dra Pebrizal didam­pingi Direktur Teknik, Andri Satria.

Ia memprediksi, per­baikan secepatnya dilaku­kan. Untuk intake yang tidak terlalu parah keru­sakan­nya disahakan bisa selesai dalam waktu 2×24 jam. Na­mun untuk intake Panu­kahan memang butuh  wak­tu cukup lama. Yakni se­kitar 5 hari. Karena se­pan­jang 60 meter pipanya hilang karena hanyut. Se­lain itu, medan menuju lokasi juga sulit.

“Kita terus berupaya agar perbaikan berjalan dengan cepat. Sekarang petugas berjibaku mela­kukan perbaikan. Kita ber­harap semuanya selesai dengan cepat agar paso­kan air kembali lancar,” tandasnya.

Untuk memenuhi paso­kan air, bagi masyarakat yang membutuhkan, bisa menghubungi Perumda Air Minum Padang untuk diberi air tangki. “Kita akan tetap melayani masyarakat de­ngan air tangki,” ujarnya. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional