Menu

8 Ribu Lebih Surat Suara Dibakar

  Dibaca : 404 kali
8 Ribu Lebih Surat Suara Dibakar
BAKAR—Terlihat beberapa orang petugas gabungan memusnahkan surat suara yang rusak dengan cara dibakar

PDG.PARIAMAN, METRO – KPU Padangpariaman memusnahkan ribuan surat suara rusak hasil penyortiran beberapa waktu lalu. Pemusnahan ribuan surat suara tersebut dilakukan dengan cara dibakar.

“Total surat suara rusak yang dimusnahkan dengan cara dibakar kali ini berjumlah 8850 lembar,” kata Ketua KPU Padangpariaman Zulnaidi, Selasa malam.

Zulnaidi mengatakan pemusnahan tersebut merujuk Surat Edaran (SE) KPU RI nomor 667 tertanggal 10 April 2018 tentang pemusnahan logistik Pemilu. Selain itu katanya, pemusnahan tersebut juga sebagai upaya pembersihan gudang penyimpanan dari tumpukan surat suara yang rusak.

“Jadi dengan pemusnahan ini sudah nggak ada lagi surat suara rusak yang tersimpan di gudang. Apalagi surat suara yang didistribusikan ke TPS sudah mencukupi semua,” ucapnya.

Zulnaidi menambahkan, bahwa untuk kerusakan surat suara yang dimusnahkan rata-rata, karena terdapat noda tinta di kolom nama peserta pemilu dan sobekan pada surat suara.

“Tapi paling banyak kerusakan surat suara karena terkena noda serta sobek dari percetakannya. Karena berdasarkan peraturan harus kita musnakan dengan cara dibakar sekarang ini,” ungkapnya.

Sementara Kapolres Padangpariaman AKBP Rizki Nugroho menyatakan telah berlangsung kegiatan pemusnahan surat suara sisa dan rusak yang tidak dipergunakan pada saat pemilihan di TPS pada pemilu 2019 dalam wilayah hukumnya.

Pemusnahan surat suara sisa dan rusak tersebut dibuka Ketua KPU Padangpariaman Zulnaidi dan dilanjutkan dengan pembakaran surat suara secara bersamaan oleh Wakil Bupati Padangpariaman Suhatribur , Kapolres Padangpariaman AKBP Rizki Nugroho, Kabag Ops Polres Padangpariaman Kompol Jonianto, Kasat Intelkam Polres Padangpariaman AKP Nasirwan, Dandramil 2 x 11 Enam Lingkung Kapten Infanteri Maslur, Kapolsek 2x 11 Enam Lingkung IPTU Hepi Kusnadi, Ketua Bawaslu Padangpariaman diwakili oleh Divisi Hubungan antar lembaga Rudi Herman serta pihak Komisioner, staf KPU Padangpariaman dan Adapun surat suara sisa dan rusak yang dimusnahkan tersebut antara lain surat suara: Capres/Cawapres, DPD, DPR RI, DPRD Propinsi, DPRD Padangpariaman yang secara keseluruhan berjumlah 8.850 lembar.

Pemusnahan surat suara tersebut dilakukan telah sesuai dengan ketentuan yang ada yaitu sebelum pemungutan suara dilakukan dengan tujuan untuk menghindari penyalahgunaan dari pihak yang tidak bertanggung jawab pada saat Pemilu 2019. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional